A.
Pengertian Etika Bisnis Islam
K. Barten (2007) merumuskan
pengertian etika kepada tiga pengertian; Pertama, etika digunakan dalam
pengertian nilai-nilai dan norma-norma moral yang menjadi pegangan bagi
seseorang atau suatu kelompok dalam mengatur tingkah lakunya. Kedua, etika
dalam pengertian kumpulan asas atau nilai-nilai moral atau kode etik. Ketiga,
etika sebagai ilmu tentang baik dan buruk.
Secara umum etika menurut Abdul Aziz
(2013), dapat didefinisikan sebagai satu usaha sistematis, dengan menggunakan
akal untuk memaknai individu atau sosial kita, pengalaman moral, dimana dengan
cara itu dapat menetukan peran yang akan mengatur tindakan manusia dan nilai
yang bermanfaat dalam kehidupan. Kadang kala etika disinonimkan dengan moralitas sebuah
tindakan, yang secara moral dianggap benar, disebut tindakan yang etis. Kode
moralitas disebut dengan kode etik. Etika bisnis juga didefinisikan sebagai
moralitas bisnis. Moralitas sebagai suatu tindakan normatif dan model yang
tercermin dalam tingkah laku kita. Etika normatif, berusaha menyuplai dan
menilai sistem moral yang masuk akal. Sistem moral tersebut memberi tataaturan
yang mengatur perilaku individu dengan mendefinisikan tindakan-tindakan yang
benar dan salah.
Etika bisnis adalah seperangkat
nilai tentang baik, buruk, benar dan salah dalam dunia bisnis berdasarkan pada
prinsipprinsip moralitas. Dalam arti lain etika bisnis berarti seperangkat
prinsip dan norma dimana para pelaku bisnis harus komit dalam bertransaksi,
berperilaku dan berelasi agar tujuan bisnisnya selamat. Selainitu etika bisnis
juga dapat diartikan pemikiran tentang moralitas dalam ekonomi dan bisnis yaitu
tentang perbuatan baik, buruk terouji tercela, benar, salah, wajar, pantas,
tidak pantas, dari perilaku seseorang berbisnis atau bekerja.
Etika bisnis Islam menurut Abdul Aziz (2013), merupakan suatu proses dan upaya untuk mengetahui hal-hal yang
benar dan yang salah yang selanjutnya tentu melanjutkan tentu melakukan hal
yang benar berkenaan dengan produk, pelayanan perusahaan dengan pihak yang
berkepentingan dengan tuntutan perusahaan. Mempelajari kualitas moral
kebijaksanaan organisasi, konsep umum dan standart untuk perilaku moral dalam
bisnis, berperilaku penuh tanggung jawab dan bermoral. Artinya etika bisnis
Islami merupakan suatu kebiasaan atau budaya moral yang berkaitan dengan
kegiatan bisnis suatu perusahaan.
B.
Sejarah Munculnya Etika Bisnis Islam
Etika bisnis pertama kali timbul di amerika
serikat di tahun 1970an dan cepat meluas kebelahan dunialain.
Berabad-abad lamanya etika di bicarakan secara ilmiah membahas mengenai masalah
ekonomi danbisnis sebagai salah satu topik penting untuk
dikembangkan di zaman bisnis modern. Filsafat berkembangdizaman filsuf plato , aristoteles, dan filsuf-filsuf yunani lain
membahas bagaimana pengaturan interaksikehidupan bisnis manusia bersama
dalam negara, ekonomi dan kegiatan niaga. Filsafat dan teologi zamanpertengahan serta kelompok kristen maupun islam
tetap membahas hal yang dianggap penting tersebut.Moralitas ekonomi dan bisnis
merupakan pembahas intensif filsafat dan teknologi zaman modern. Parailmuwan filsuf dan pebisnis amerika serikat dan
negara lain di dunia mendiskusikan etika bisnissehubungan dengan konteks
agama dan teologi sampai sekarang.
Perkembangan
etika bisnis 1980-an di eropa barat etika bisnis sebagai ilmu baru berkembang
kira-kirasepuluh tahun kemudian, diawali oleh inggris yang
secara geografis maupun kultural paling dekat denganamerika
serikat, disusul kemudian oleh negara-negara eropa barat lainnya. Kini etika
bisnis bisadipelajari, dan di kembangkan di seluruh dunia.
Kita mendengar tentang kehadiran etika bisnis di amerikalatin, asia, eropa
timur, dan dikawasan asia lainnya. Sejak dimulainya liberalisasi ekonomi di
eropa timur,dan runtuhnya sistem politik dan
ekonomi komunisme tahun 1980-an, rusia dan negara ekskomunislainnya merasakan manfaat etika bisnis, pemahaman
etika bisnis mendorong perahlihan sistem sisalis keekonomi pasar bebas
berjalan lebih lancar. Etika bisnis sangat diperlukan semua orang dan sudah
menjadikajian ilmiah meluas dan dalam etika
bisnis semakin dapat di sejajarkan diantara ilmu-ilmu lain yangsudah mapan dan memiliki ciri-ciri khusus sebagai
sebuah cabang ilmu. Keprihatinan moral terhadapbisnis kini memasuki tahapan yang lebih maju dari sekedar ukuran
tradisonal. Zaman multinasionalkonglomerat
dan korparasi sedang berkembang secara signifikan. Kini masyarakat berada dalam
faseperkembangan bisnis dan ekonomi
kapitalisme semenjak kejahtuhan sistem komunisme, makakapitalisme berkembang pesat tanpa timbul hambatan
yang berarti. Kini bisnis telah menjadi besarmeninggalkan bisnis tradisonal yang semakin terdesak bahkn teraksisi. Kekayaan
mayolitas perusahaanswasta di berbagai negara dapat melebihi kekayaan
negara.
C.
Urgensi Mempelajari Etika Bisnis Islam
a.
Etika bisnis yang diterapkan dengan baik dalam dunia bisnis akan
dapat membentengi seorang pengusaha (enterpreneur / wirausaha) /manajer /
general manajer / direktur dari perbuatan melanggar hukum / norma yang berlaku.
b.
Etika bisnis bisa memampukan perusahaan / badan usaha untuk tetap
eksis usahanya sehingga bisa langgeng dalam jangka panjang, hal ini dikarenakan
pelanggaran hukum / norma yang berlaku sudah bisa diantisipasi.
c.
Etika bisnis memampukan perusahaan / badan usaha untuk tumbuh dan
berkembang karena jalannya kegiatan bisnis terasa aman.
d.
Etika bisnis yang diterapkan dengan baik dalam berusaha /
menjalankan usaha dapat menghindarkan si pelaku usaha dari perbuatan melanggar
hukum / norma yang berlaku.
e.
Etika bisnis memampukan seseorang mengatasi transformasi sosial,
peradaban, budaya dan lain-lain sehingga pelanggaran hukum/norma yang berlaku
tidak terjadi.
f.
Jika etika bisnis semakin baik pada diri seseorang, maka kasus
pelanggaran hukum / norma yang berlaku semakin kecil kemungkinannya
g.
Etika bisnis sangat terasa urgensinya terutama dalam rangka
menghadapi perubahan /transformasi pola pikir, yaitu menuju situasi anti KKN
(Korupsi, Kolusi dan Nepotisme).
DAFTAR PUSTAKA
Abdul Aziz, Etika Bisnis Perspektif Islam,
(Bandung : Alfabeta, 2013)
Barten, K. Etika, (Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2007).
Halifah, Analisis Penerapan Etika Bisnis Islam Dalam Komunikasi
Pemasaran Pada Butik Moshaict Surabaya, Jurnal Kajian Bisnis.
https://www.coursehero.com/file/71297428/sejarah-singkat-etika-bisnis-dan-definisi-etikamoral-normadocx/ diakses pada tanggal 10 Maret 2023