Arsip Blog

Entri yang Diunggulkan

HAKIKAT DAN KONSEP PERMAINAN SAINS PADA ANAK USIA DINI

Cari Blog Ini

Senin, 05 Juni 2023

ETIKA BISNIS ISLAM 1

aldhy purwanto



A.    Pengertian Etika Bisnis Islam

K. Barten (2007) merumuskan pengertian etika kepada tiga pengertian; Pertama, etika digunakan dalam pengertian nilai-nilai dan norma-norma moral yang menjadi pegangan bagi seseorang atau suatu kelompok dalam mengatur tingkah lakunya. Kedua, etika dalam pengertian kumpulan asas atau nilai-nilai moral atau kode etik. Ketiga, etika sebagai ilmu tentang baik dan buruk.

Secara umum etika menurut Abdul Aziz (2013), dapat didefinisikan sebagai satu usaha sistematis, dengan menggunakan akal untuk memaknai individu atau sosial kita, pengalaman moral, dimana dengan cara itu dapat menetukan peran yang akan mengatur tindakan manusia dan nilai yang bermanfaat dalam kehidupan. Kadang kala etika disinonimkan dengan moralitas sebuah tindakan, yang secara moral dianggap benar, disebut tindakan yang etis. Kode moralitas disebut dengan kode etik. Etika bisnis juga didefinisikan sebagai moralitas bisnis. Moralitas sebagai suatu tindakan normatif dan model yang tercermin dalam tingkah laku kita. Etika normatif, berusaha menyuplai dan menilai sistem moral yang masuk akal. Sistem moral tersebut memberi tataaturan yang mengatur perilaku individu dengan mendefinisikan tindakan-tindakan yang benar dan salah.

Etika bisnis adalah seperangkat nilai tentang baik, buruk, benar dan salah dalam dunia bisnis berdasarkan pada prinsipprinsip moralitas. Dalam arti lain etika bisnis berarti seperangkat prinsip dan norma dimana para pelaku bisnis harus komit dalam bertransaksi, berperilaku dan berelasi agar tujuan bisnisnya selamat. Selainitu etika bisnis juga dapat diartikan pemikiran tentang moralitas dalam ekonomi dan bisnis yaitu tentang perbuatan baik, buruk terouji tercela, benar, salah, wajar, pantas, tidak pantas, dari perilaku seseorang berbisnis atau bekerja.

Etika bisnis Islam menurut Abdul Aziz (2013), merupakan suatu proses dan upaya untuk mengetahui hal-hal yang benar dan yang salah yang selanjutnya tentu melanjutkan tentu melakukan hal yang benar berkenaan dengan produk, pelayanan perusahaan dengan pihak yang berkepentingan dengan tuntutan perusahaan. Mempelajari kualitas moral kebijaksanaan organisasi, konsep umum dan standart untuk perilaku moral dalam bisnis, berperilaku penuh tanggung jawab dan bermoral. Artinya etika bisnis Islami merupakan suatu kebiasaan atau budaya moral yang berkaitan dengan kegiatan bisnis suatu perusahaan.

 

B.     Sejarah Munculnya Etika Bisnis Islam

Etika bisnis pertama kali timbul di amerika serikat di tahun 1970an dan cepat meluas kebelahan dunialain. Berabad-abad lamanya etika di bicarakan secara ilmiah membahas mengenai masalah ekonomi danbisnis sebagai salah satu topik penting untuk dikembangkan di zaman bisnis modern. Filsafat berkembangdizaman filsuf plato , aristoteles, dan filsuf-filsuf yunani lain membahas bagaimana pengaturan interaksikehidupan bisnis manusia bersama dalam negara, ekonomi dan kegiatan niaga. Filsafat dan teologi zamanpertengahan serta kelompok kristen maupun islam tetap membahas hal yang dianggap penting tersebut.Moralitas ekonomi dan bisnis merupakan pembahas intensif filsafat dan teknologi zaman modern. Parailmuwan filsuf dan pebisnis amerika serikat dan negara lain di dunia mendiskusikan etika bisnissehubungan dengan konteks agama dan teologi sampai sekarang.

Perkembangan etika bisnis 1980-an di eropa barat etika bisnis sebagai ilmu baru berkembang kira-kirasepuluh tahun kemudian, diawali oleh inggris yang secara geografis maupun kultural paling dekat denganamerika serikat, disusul kemudian oleh negara-negara eropa barat lainnya. Kini etika bisnis bisadipelajari, dan di kembangkan di seluruh dunia. Kita mendengar tentang kehadiran etika bisnis di amerikalatin, asia, eropa timur, dan dikawasan asia lainnya. Sejak dimulainya liberalisasi ekonomi di eropa timur,dan runtuhnya sistem politik dan ekonomi komunisme tahun 1980-an, rusia dan negara ekskomunislainnya merasakan manfaat etika bisnis, pemahaman etika bisnis mendorong perahlihan sistem sisalis keekonomi pasar bebas berjalan lebih lancar. Etika bisnis sangat diperlukan semua orang dan sudah menjadikajian ilmiah meluas dan dalam etika bisnis semakin dapat di sejajarkan diantara ilmu-ilmu lain yangsudah mapan dan memiliki ciri-ciri khusus sebagai sebuah cabang ilmu. Keprihatinan moral terhadapbisnis kini memasuki tahapan yang lebih maju dari sekedar ukuran tradisonal. Zaman multinasionalkonglomerat dan korparasi sedang berkembang secara signifikan. Kini masyarakat berada dalam faseperkembangan bisnis dan ekonomi kapitalisme semenjak kejahtuhan sistem komunisme, makakapitalisme berkembang pesat tanpa timbul hambatan yang berarti. Kini bisnis telah menjadi besarmeninggalkan bisnis tradisonal yang semakin terdesak bahkn teraksisi. Kekayaan mayolitas perusahaanswasta di berbagai negara dapat melebihi kekayaan negara.

 

C.    Urgensi Mempelajari Etika Bisnis Islam

a.       Etika bisnis yang diterapkan dengan baik dalam dunia bisnis akan dapat membentengi seorang pengusaha (enterpreneur / wirausaha) /manajer / general manajer / direktur dari perbuatan melanggar hukum / norma yang berlaku.

b.      Etika bisnis bisa memampukan perusahaan / badan usaha untuk tetap eksis usahanya sehingga bisa langgeng dalam jangka panjang, hal ini dikarenakan pelanggaran hukum / norma yang berlaku sudah bisa diantisipasi.

c.       Etika bisnis memampukan perusahaan / badan usaha untuk tumbuh dan berkembang karena jalannya kegiatan bisnis terasa aman.

d.      Etika bisnis yang diterapkan dengan baik dalam berusaha / menjalankan usaha dapat menghindarkan si pelaku usaha dari perbuatan melanggar hukum / norma yang berlaku.

e.       Etika bisnis memampukan seseorang mengatasi transformasi sosial, peradaban, budaya dan lain-lain sehingga pelanggaran hukum/norma yang berlaku tidak terjadi.

f.       Jika etika bisnis semakin baik pada diri seseorang, maka kasus pelanggaran hukum / norma yang berlaku semakin kecil kemungkinannya

g.      Etika bisnis sangat terasa urgensinya terutama dalam rangka menghadapi perubahan /transformasi pola pikir, yaitu menuju situasi anti KKN (Korupsi, Kolusi dan Nepotisme).

 

DAFTAR PUSTAKA

Abdul Aziz, Etika Bisnis Perspektif Islam, (Bandung : Alfabeta, 2013)

 

Barten, K. Etika, (Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2007).

 

Halifah, Analisis Penerapan Etika Bisnis Islam Dalam Komunikasi Pemasaran Pada Butik Moshaict Surabaya, Jurnal Kajian Bisnis.

 

https://www.coursehero.com/file/71297428/sejarah-singkat-etika-bisnis-dan-definisi-etikamoral-normadocx/ diakses pada tanggal 10 Maret 2023


Tidak ada komentar: