Arsip Blog

Entri yang Diunggulkan

HAKIKAT DAN KONSEP PERMAINAN SAINS PADA ANAK USIA DINI

Cari Blog Ini

Senin, 05 Juni 2023

ETIKA BISNIS ISLAM 3

aldhy purwanto



A.    Pengertian Etika Bisnis Islam

Etika berasal dari bahasa Yunani yang berarti karakter, kebiasaan atau sekumpulan perilaku moral yang diterima secara luas. Menurut Solomon yang dikutip dalam Abdul Jalil (2010), etimologi dari etika menunjukkan dasar karakter individu untuk melakukan hal-hal yang baik, aturan sosial yang membatasi seseorang atas sesuatu yang benar atau yang salah yang dikenal juga dengan istilah moralitas. Etika adalah bagian dari filsafat yang membahas secara rasional dan kritis tentang nilai, norma atau moralitas.

Etika bisnis merupakan prinsip-prinsip moral atau aturan tingkah laku atau kaidah-kaidah etik yang dianut dalam berbisnis (Dochak Latief, 2006). Menurut Ernawan yang dikutip dalam Ernani (2009), etika bisnis adalah aturan main prinsip dalam organisasi yang menjadi pedoman membuat keputusan dan tingkah laku.

Selanjutnya menurut L. Sinuor Yosephus (2010:128-129), etika bisnis mengandaikan bahwa ketika menghadapi benturan-benturan atau persoalan-persoalan moral dalam praksis bisnis, para pebisnis akan merefleksikan hal-hal tersebut baik secara kritis maupun secara sistematis sehingga mereka dapat mengambil langkahlangkah yang tepat demi pengembangan diri semua yang terkait dalam keseluruhan proses bisnis melalui pelaksanaan tugas dan kewajiban secara bertanggung jawab. Dengan demikian, etika bisnis atau etika dalam berbisnis memampukan para pebisnis untuk memilih berbagai ajaran moral dan menerapkannya secara bertanggung jawab dalam wilayah kegiatan ekonomi atau bisnis. Etika bisnis juga memberikan orientasi kepada para pebisnis, khususnya para pebisnis kontemporer agar mampu bersikap secara tepat dan bertanggung jawab menghadapi transformasi ekonomi, sosial, budaya, dan transformasi intelektual yang tengah gencar melanda manusia zaman ini.

Etika bisnis dalam Islam adalah sejumlah perilaku etis bisnis (akhlaq al Islamiyah) yang dibungkus dengan nilai-nilai syariah yang mengedepankan halal dan haram. Jadi perilaku yang etis itu ialah perilaku yang mengikuti perintah Allah dan menjauhi larangnya. Dalam Islam etika bisnis ini sudah banyak dibahas dalam berbagai literatur dan sumber utamanya adalah Al-Quran dan sunnaturrasul. Pelaku-pelaku bisnis diharapkan bertindak secara etis dalam berbagai aktivitasnya. Kepercayaan, keadilan dan kejujuran adalah elemen pokok dalam mencapai suksesnya suatu bisnis di kemudian hari.

 

B.     Sejarah Munculnya Etika Bisnis Islam

Etika bisnis pertama kali timbul di amerika serikat di tahun 1970an dan cepat meluas kebelahan dunialain. Berabad-abad lamanya etika di bicarakan secara ilmiah membahas mengenai masalah ekonomi danbisnis sebagai salah satu topik penting untuk dikembangkan di zaman bisnis modern. Filsafat berkembangdizaman filsuf plato , aristoteles, dan filsuf-filsuf yunani lain membahas bagaimana pengaturan interaksikehidupan bisnis manusia bersama dalam negara, ekonomi dan kegiatan niaga. Filsafat dan teologi zamanpertengahan serta kelompok kristen maupun islam tetap membahas hal yang dianggap penting tersebut.Moralitas ekonomi dan bisnis merupakan pembahas intensif filsafat dan teknologi zaman modern. Parailmuwan filsuf dan pebisnis amerika serikat dan negara lain di dunia mendiskusikan etika bisnissehubungan dengan konteks agama dan teologi sampai sekarang.

Perkembangan etika bisnis 1980-an di eropa barat etika bisnis sebagai ilmu baru berkembang kira-kirasepuluh tahun kemudian, diawali oleh inggris yang secara geografis maupun kultural paling dekat denganamerika serikat, disusul kemudian oleh negara-negara eropa barat lainnya. Kini etika bisnis bisadipelajari, dan di kembangkan di seluruh dunia. Kita mendengar tentang kehadiran etika bisnis di amerikalatin, asia, eropa timur, dan dikawasan asia lainnya. Sejak dimulainya liberalisasi ekonomi di eropa timur,dan runtuhnya sistem politik dan ekonomi komunisme tahun 1980-an, rusia dan negara ekskomunislainnya merasakan manfaat etika bisnis, pemahaman etika bisnis mendorong perahlihan sistem sisalis keekonomi pasar bebas berjalan lebih lancar. Etika bisnis sangat diperlukan semua orang dan sudah menjadikajian ilmiah meluas dan dalam etika bisnis semakin dapat di sejajarkan diantara ilmu-ilmu lain yangsudah mapan dan memiliki ciri-ciri khusus sebagai sebuah cabang ilmu. Keprihatinan moral terhadapbisnis kini memasuki tahapan yang lebih maju dari sekedar ukuran tradisonal. Zaman multinasionalkonglomerat dan korparasi sedang berkembang secara signifikan. Kini masyarakat berada dalam faseperkembangan bisnis dan ekonomi kapitalisme semenjak kejahtuhan sistem komunisme, makakapitalisme berkembang pesat tanpa timbul hambatan yang berarti. Kini bisnis telah menjadi besarmeninggalkan bisnis tradisonal yang semakin terdesak bahkn teraksisi. Kekayaan mayolitas perusahaanswasta di berbagai negara dapat melebihi kekayaan negara.

 

C.    Urgensi Mempelajari Etika Bisnis Islam

a.       Jika etika bisnis semakin baik pada diri seseorang, maka kasus pelanggaran hukum / norma yang berlaku semakin kecil kemungkinannya.

b.      Etika bisnis yang diterapkan dengan baik dalam dunia bisnis akan dapat membentengi seorang pengusaha (enterpreneur / wirausaha) /manajer / general manajer / direktur dari perbuatan melanggar hukum / norma yang berlaku.

c.       Etika bisnis bisa memampukan perusahaan / badan usaha untuk tetap eksis usahanya sehingga bisa langgeng dalam jangka panjang, hal ini dikarenakan pelanggaran hukum / norma yang berlaku sudah bisa diantisipasi.

d.      Etika bisnis memampukan perusahaan / badan usaha untuk tumbuh dan berkembang karena jalannya kegiatan bisnis terasa aman.

e.       Etika bisnis yang diterapkan dengan baik dalam berusaha / menjalankan usaha dapat menghindarkan si pelaku usaha dari perbuatan melanggar hukum / norma yang berlaku.

f.       Etika bisnis memampukan seseorang mengatasi transformasi sosial, peradaban, budaya dan lain-lain sehingga pelanggaran hukum/norma yang berlaku tidak terjadi.

g.      Etika bisnis sangat terasa urgensinya terutama dalam rangka menghadapi perubahan /transformasi pola pikir, yaitu menuju situasi anti KKN (Korupsi, Kolusi dan Nepotisme).

 

DAFTAR PUSTAKA

Hadiyati, Ernani. 2009. “Pengaruh Etika Bisnis terhadap Kewirausahaan pada Usaha Kecil Bengkel Les di Pujon”, Jurnal Manajemen Gajayana, Vol.6, No.1, Juni 2009

 

https://www.coursehero.com/file/71297428/sejarah-singkat-etika-bisnis-dan-definisi-etikamoral-normadocx/ diakses pada tanggal 12 Maret 2023

 

Jalil, Abdul. 2010. “Implementation Mechanism of Ethics in Business Organizations”. International Business Research. Vol. 3, No. 4, October 2010.

 

Latief, Dochack. 2006. Etika Bisnis Antara norma dan realitas, Muhammadiyah University Press.

 

Yosephus, L. Sinuor. 2010. Etika Bisnis (Pendekatan Filsafat Moral terhadap Perilaku Pebisnis Kontemporer), Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.


Tidak ada komentar: