A.
Pengertian Etika Bisnis Islam
Etika berasal dari bahasa Yunani
yang berarti karakter, kebiasaan atau sekumpulan perilaku moral yang diterima
secara luas. Menurut Solomon yang dikutip dalam Abdul Jalil (2010), etimologi
dari etika menunjukkan dasar karakter individu untuk melakukan hal-hal yang
baik, aturan sosial yang membatasi seseorang atas sesuatu yang benar atau yang
salah yang dikenal juga dengan istilah moralitas. Etika adalah bagian dari
filsafat yang membahas secara rasional dan kritis tentang nilai, norma atau
moralitas.
Etika bisnis merupakan
prinsip-prinsip moral atau aturan tingkah laku atau kaidah-kaidah etik yang dianut
dalam berbisnis (Dochak Latief, 2006). Menurut Ernawan yang dikutip dalam
Ernani (2009), etika bisnis adalah aturan main prinsip dalam organisasi yang
menjadi pedoman membuat keputusan dan tingkah laku.
Selanjutnya menurut L. Sinuor Yosephus (2010:128-129), etika bisnis
mengandaikan bahwa ketika menghadapi benturan-benturan atau persoalan-persoalan
moral dalam praksis bisnis, para pebisnis akan merefleksikan hal-hal tersebut
baik secara kritis maupun secara sistematis sehingga mereka dapat mengambil langkahlangkah
yang tepat demi pengembangan diri semua yang terkait dalam keseluruhan proses
bisnis melalui pelaksanaan tugas dan kewajiban secara bertanggung jawab. Dengan
demikian, etika bisnis atau etika dalam berbisnis memampukan para pebisnis
untuk memilih berbagai ajaran moral dan menerapkannya secara bertanggung jawab
dalam wilayah kegiatan ekonomi atau bisnis. Etika bisnis juga memberikan
orientasi kepada para pebisnis, khususnya para pebisnis kontemporer agar mampu
bersikap secara tepat dan bertanggung jawab menghadapi transformasi ekonomi,
sosial, budaya, dan transformasi intelektual yang tengah gencar melanda manusia
zaman ini.
Etika bisnis dalam Islam adalah
sejumlah perilaku etis bisnis (akhlaq al Islamiyah) yang dibungkus dengan
nilai-nilai syariah yang mengedepankan halal dan haram. Jadi perilaku yang etis
itu ialah perilaku yang mengikuti perintah Allah dan menjauhi larangnya. Dalam
Islam etika bisnis ini sudah banyak dibahas dalam berbagai literatur dan sumber
utamanya adalah Al-Quran dan sunnaturrasul. Pelaku-pelaku bisnis diharapkan
bertindak secara etis dalam berbagai aktivitasnya. Kepercayaan, keadilan dan
kejujuran adalah elemen pokok dalam mencapai suksesnya suatu bisnis di kemudian
hari.
B.
Sejarah Munculnya Etika Bisnis Islam
Etika bisnis pertama kali timbul di amerika
serikat di tahun 1970an dan cepat meluas kebelahan dunialain.
Berabad-abad lamanya etika di bicarakan secara ilmiah membahas mengenai masalah
ekonomi danbisnis sebagai salah satu topik penting untuk
dikembangkan di zaman bisnis modern. Filsafat berkembangdizaman filsuf plato , aristoteles, dan filsuf-filsuf yunani lain
membahas bagaimana pengaturan interaksikehidupan bisnis manusia bersama
dalam negara, ekonomi dan kegiatan niaga. Filsafat dan teologi zamanpertengahan serta kelompok kristen maupun islam
tetap membahas hal yang dianggap penting tersebut.Moralitas ekonomi dan bisnis
merupakan pembahas intensif filsafat dan teknologi zaman modern. Parailmuwan filsuf dan pebisnis amerika serikat dan
negara lain di dunia mendiskusikan etika bisnissehubungan dengan konteks
agama dan teologi sampai sekarang.
Perkembangan etika bisnis 1980-an di eropa barat
etika bisnis sebagai ilmu baru berkembang kira-kirasepuluh tahun
kemudian, diawali oleh inggris yang secara geografis maupun kultural paling
dekat denganamerika serikat, disusul
kemudian oleh negara-negara eropa barat lainnya. Kini etika bisnis bisadipelajari, dan di kembangkan di seluruh dunia.
Kita mendengar tentang kehadiran etika bisnis di amerikalatin, asia, eropa
timur, dan dikawasan asia lainnya. Sejak dimulainya liberalisasi ekonomi di
eropa timur,dan runtuhnya sistem politik dan
ekonomi komunisme tahun 1980-an, rusia dan negara ekskomunislainnya merasakan manfaat etika bisnis, pemahaman
etika bisnis mendorong perahlihan sistem sisalis keekonomi pasar bebas
berjalan lebih lancar. Etika bisnis sangat diperlukan semua orang dan sudah
menjadikajian ilmiah meluas dan dalam etika
bisnis semakin dapat di sejajarkan diantara ilmu-ilmu lain yangsudah mapan dan memiliki ciri-ciri khusus sebagai
sebuah cabang ilmu. Keprihatinan moral terhadapbisnis kini memasuki tahapan yang lebih maju dari sekedar ukuran
tradisonal. Zaman multinasionalkonglomerat
dan korparasi sedang berkembang secara signifikan. Kini masyarakat berada dalam
faseperkembangan bisnis dan ekonomi
kapitalisme semenjak kejahtuhan sistem komunisme, makakapitalisme berkembang pesat tanpa timbul hambatan
yang berarti. Kini bisnis telah menjadi besarmeninggalkan bisnis tradisonal yang semakin terdesak bahkn teraksisi.
Kekayaan mayolitas perusahaanswasta di berbagai negara dapat melebihi
kekayaan negara.
C.
Urgensi Mempelajari Etika Bisnis Islam
a.
Jika etika bisnis semakin baik pada diri seseorang, maka kasus
pelanggaran hukum / norma yang berlaku semakin kecil kemungkinannya.
b.
Etika bisnis yang diterapkan dengan baik dalam dunia bisnis akan
dapat membentengi seorang pengusaha (enterpreneur / wirausaha) /manajer /
general manajer / direktur dari perbuatan melanggar hukum / norma yang berlaku.
c.
Etika bisnis bisa memampukan perusahaan / badan usaha untuk tetap
eksis usahanya sehingga bisa langgeng dalam jangka panjang, hal ini dikarenakan
pelanggaran hukum / norma yang berlaku sudah bisa diantisipasi.
d.
Etika bisnis memampukan perusahaan / badan usaha untuk tumbuh dan
berkembang karena jalannya kegiatan bisnis terasa aman.
e.
Etika bisnis yang diterapkan dengan baik dalam berusaha /
menjalankan usaha dapat menghindarkan si pelaku usaha dari perbuatan melanggar
hukum / norma yang berlaku.
f.
Etika bisnis memampukan seseorang mengatasi transformasi sosial,
peradaban, budaya dan lain-lain sehingga pelanggaran hukum/norma yang berlaku
tidak terjadi.
g.
Etika bisnis sangat terasa urgensinya terutama dalam rangka
menghadapi perubahan /transformasi pola pikir, yaitu menuju situasi anti KKN
(Korupsi, Kolusi dan Nepotisme).
DAFTAR PUSTAKA
Hadiyati, Ernani. 2009. “Pengaruh Etika Bisnis terhadap
Kewirausahaan pada Usaha Kecil Bengkel Les di Pujon”, Jurnal Manajemen
Gajayana, Vol.6, No.1, Juni 2009
https://www.coursehero.com/file/71297428/sejarah-singkat-etika-bisnis-dan-definisi-etikamoral-normadocx/ diakses pada tanggal 12 Maret 2023
Jalil, Abdul. 2010. “Implementation Mechanism of Ethics in Business
Organizations”. International Business Research. Vol. 3, No. 4, October 2010.
Latief, Dochack. 2006. Etika Bisnis Antara norma dan realitas,
Muhammadiyah University Press.
Yosephus, L. Sinuor. 2010. Etika Bisnis (Pendekatan Filsafat Moral
terhadap Perilaku Pebisnis Kontemporer), Jakarta: Yayasan Pustaka Obor
Indonesia.