Arsip Blog

Entri yang Diunggulkan

HAKIKAT DAN KONSEP PERMAINAN SAINS PADA ANAK USIA DINI

Cari Blog Ini

Rabu, 05 Oktober 2022

KLASIFIKASI DAN PRINSIP MANAJEMEN SARANA PRASARANA PENDIDIKAN ISLAM

aldhy purwanto


KATA PENGANTAR

Puji syukur penyusun ucapkan kepada Allah SWT, yang telah memberikan rahmat dan karunia-Nya sehingga makalah ini dapat diselesaikan dengan baik. Tidak lupa shalawat dan salam semoga terlimpahkan kepada Rasulullah Muhammad SAW, keluarganya, sahabatnya, dan kepada kita selaku umatnya.

Makalah ini kami susun untuk melengkapi tugas kelompok mata pelajaran Manajemen Sarana dan prasarana pendidikan.Kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan makalah ini. Dan kami juga menyadari pentingnya akan sumber bacaan dan referensi internet yang telah membantu dalam memberikan informasi yang akan menjadi bahan makalah.

Kami juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan arahan serta bimbingannya selama ini sehingga penyusunan makalah dapat dibuat dengan sebaik-baiknya.saya menyadari masih banyak kekurangan dalam penulisan makalah ini sehingga kami mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun demi penyempurnaan makalah ini.

Kami mohon maaf jika di dalam makalah ini terdapat banyak kesalahan dan kekurangan, karena kesempurnaan hanya milik Yang Maha Kuasa yaitu Allah SWT, dan kekurangan pasti milik kita sebagai manusia.Semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi kita semuanya.




BAB I

PENDAHULUAN

A.Latar Belakang

        Sistem pendidikan merupakan rangkaian-rangkaian dari sub system atau unsur-unsur pendidikan yang saling terkait dalam mewujudkan keberhasilannya. Ada tujuan, kurikulum, materi, metode, pendidik, peserta didik, sarana, alat, pendekatan dan sebagainya. Keberadaan satu unsur membutuhkan keberadaan unsur lain, tanpa keberadaan salah satu diantara unsur-unsur itu proses pendidikan menjadi terhalang, sehingga mengalami kegagalan.

      Keberadaan sarana pendidikan mutlak dibutuhkan dalam proses pendidikan, sehingga termasuk dalam komponen-komponen yang harus dipenuhi dalam pelaksanaan proses pendidikan. Tanpa sarana pendidikan, proses pendidikan akan mengalami kesulitan yang sangat serius, bahkan bias mengagalkan pendidikan. Suatu kejadian yang mesti dihindari oleh semua pihak yang terlibat dalam pendidikan.

         Proses pendidikan dilaksanakan untuk mencapai suatu tujuan pendidikan. Agar tujuan pendidikan tersebut dapat dicapai maka perlu diperhatikan segala sesuatu yang mendukung keberhasilan tujuan pendidikan itu. Dari sekian faktor penunjang keberhasilan tujuan pendidikan, kesuksesan dalam proses pembelajaran merupakan salah satu faktor yang dominan. Sebab didalam proses pembelajaran itulah terjadinya interialisasi nilai-nilai dan pewarisan budaya maupun norma-norma secara langsung. Karena itukegiatan belajar mengajar merupakan ujung tombak untuk tercapainya pewarisan nilai-nilai diatas, Untuk itu perlu sekali dalam proses pembelajaran itu diciptakan suasana yang kondusif agar peserta didik benar-benar tertarik dan ikut proses itu.

     Dalam kaitannya dengan usaha menciptakan suasana yang kondusif itu sarana dan prasarana pendidikan memegang peranan yang sangat penting. Sehingga baik buruknya manajemen sarana dan prasarana pendidikan akan berpengaruh terhadap proses pembelajaran.

 

B.RumusanMasalah

1.      Apa pengertian manajemen sarana dan prasarana pendidikan?

2.      Apa saja tujuan manajemen sarana dan prasarana pendidikan ?

3.      Bagaimana prinsip-prinsip manajemen sarana dan prasarana pendidikan?

4.      Bagaimana proses manajemen sarana dan prasarana pendidikan ?

C.Tujuan

1.      Untuk mengetahui pengertian manajemen sarana dan prasarana pendidikan.

2.      Untuk mengetahui tujuan manajemen sarana dan prasarana pendidikan.

3.      Untuk mengetahui prinsip-prinsip manajemen sarana dan prasarana pendidikan.

4.      Untuk mengetahui proses manajemen sarana dan prasarana pendidikan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB II

TINJAUAN PUSTAKA

A. Landasan Teori

    1. Pengertian klasifikasi

Memahami pengertian klasifikasi adalah berhubungan dengan proses pengelompokan sesuatu. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) menjelaskan pengertian klasifikasi adalah penyusunan bersistem dalam kelompok atau golongan menurut kaidah atau standar yang ditetapkan.

Pengertian klasifikasi adalah menggambarkan sesuatu yang dikelompokkan berdasarkan kelas atau kasta. Dalam jurnal berjudul Klasifikasi Online dan Google oleh Irma Devi Lestari, pengertian klasifikasi adalah kata serapan dari bahasa Belanda ‘Classificatie’ lalu kata ‘Classificatie’ tersebut berasal dari bahasa Prancis, yakni ‘Classification.’ Sebuah klasifikasi adalah akan selalu bersifat sistematis. Dalam jurnal berjudul Klasifikasi Bahan Pustaka oleh Gatot Subrata, mengutip Towa P. dan J.N.B Tairas menjelaskan pengertian klasifikasi adalah pengelompokan yang sistematis dari sejumlah objek, gagasan, buku, atau benda-benda lain ke dalam kelas atau kelompok tertentu berdasarkan ciri-ciri yang sama.

Memahami proses klasifikasi dapat meliputi membedakan dan mendistribusikan jenis "hal" ke dalam kelompok yang berbeda. Hasil dari klasifikasi bisa berupa kumpulan kelas.Misalnya, pengelompokan semua pakaian berdasarkan warna dapat memudahkan untuk memilih pakaian.

 

        2.Pengertian Sarana Prasarana

Sarana pendidikan adalah semua fasilitas yang diperlukan dalam proses belajar mengajar baik yang bergerak maupun tidak bergerak agar pencapaian tujuan pendidikan dapat berjalan dengan lancar, efektif, teratur dan efisien. Misalnya: gedung, ruang kelas, meja, kursi, serta alat-alat media pengajaran

Adapun yang di maksud dengan prasarana adalah fasilitas yang secara tidak langsung menunjang jalannya proses pendidikan atau pengajaran, seperti: halaman, kebun, taman, jalan, tetapi jika dimanfaatkan secara langsung untuk proses belajar mengajar, seperti taman untuk pengajaran biologi, halaman sebagai lapangan olah raga, komponen tersebut merupakan sarana pendidikan. Ketersediaan sarana prasarana merupakan salah satu komponen penting yang harus terpenuhi dalam menunjang manajemen pendidikan yang baik. Menurut ketentuan Umum Permendiknas No. 24 Tahun 2007, sarana adalah perlengkapan pembelajaran yang dapat pindah-pindah, sedangkan prasarana adalah fasilitas dasar untuk menjalankan fungsi sekolah.

 Suatu organisasi seperti sekolah tentunya memerlukan manajemen yang baik demi kelancaran dan tercapainya tujuan yang diharapkan. Supaya bisa mencapai semua itu tentunya membutuhkan sarana prasarana untuk menunjang proses kegiatan belajar mengajar. Sarana dan prasarana merupakan hal yang sangat penting. Sarana adalah perlengkapan dan peralatan yang secara langsung dipergunakan dan menunjang proses kegiatan, khususnya proses kegiatan yang dilaksanakan dalam pembelajaran, seperti gedung atau ruang, meja, kursi serta alat-alat yang dibutuhkan.

Menurut Depdiknas telah membedakan antara sarana pendidikan dan prasarana pendidikan. Sarana pendidikan adalah semua perangkat, peralatan, bahan, dan perabot yang secara langsung digunakan dalam proses pendidikan di sekolah. Sedangkan prasarana pendidikan adalah semua perangkat kelengkapan dasar yang secara tidak langsung menunjang pelaksanaan proses pendidikan di sekolah. Penekanan pada pengertian tersebut ialah pda sifatnya, sarana bersifat langsung, dan prasarana tidak bersifat langsung dalam menujang proses pendidikan.

 Berdasarkan penjelasan diatas maka dalam penelitian ini pengertian sarana prasarana adalah komponen paling penting yang harus ada dalam pelaksanaan proses belajar mengajar dan berpengaruh dalam pencapaian tujuan pendidikan yang telah ditentukan.

 

 

 

 

 

BAB III

PEMBAHASAN

A.Pengertian Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan

           Sarana pendidikan adalah semua fasilitas yang diperlukan dalam proses belajar mengajar baik yang bergerak maupun tidak bergerak agar pencapaian tujuan pendidikan dapat berjalan dengan lancar, efektif, teratur dan efisien. Misalnya: gedung, ruang kelas, meja kursi serta alat-alat media pengajaran. Adapun yang dimaksud dengan prasarana adalah fasilitas yang secara tidak langsung menunjang jalannya proses pendidikan atau pengajaran. Seperti halaman, kebun, taman, jalan menuju madrasah, tetapi jika dimanfaatkan secara langsung untuk proses belajar mengajar, seperti taman madrasah untuk pengajaran biologi, halaman madrasah sebagai lapangan olahraga, komponen tersebut merupakan sarana pendidikan.

      Manajemen sarana prasarana dapat diartikan sebagai proses kerjasama pendayagunaan semua sarana dan prasarana pendidikan secara efektif dan efisien.Dari definisi tersebut menunjukkan bahwa sarana dan prasarana yang ada harus didaya gunakan dan dikelola untuk kepentingan proses pembelajaran. Pengelolaan sarana dan prasarana tersebut dimaksudkan agar penggunaannya bisa berjalan dengan efektif dan efisien.

        Manajemen sarana dan prasarana pendidikan bertugas mengatur dan menjaga sarana dan prasarana pendidikan agar dapat memberikan kontribusi pada proses pendidikan secara optimal dan berarti. Kegiatan pengelolaan ini meliputi kegiatan perencanaan, pengadaan, pengawasan, penyimpanan inventarisasi, dan penghapusan serta penataan.

      Sarana dan prasarana pendidikan itu dalam lembaga pendidikan Islam sebaiknya dikelola dengan sebaik mungkin dengan mengikuti kebutuhan-kebutuhan sebagai berikut:

Ø  Lengkap, siap dipakai setiap saat, kuat dan awet.

Ø  Rapi, indah, bersih, anggun, dan asri sehingga menyejukkan pandangan dan perasaan siapa pun yang memasuki komplek lembaga pendidikan.

Ø  Kreatif, inovatif, responsif dan bervariasi sehingga dapat merangsang timbulnya imajinasi peserta didik.

Ø  Memiliki jangkauan waktu  yang panjang melalui perencanaan yang matang untuk menghindari kecenderungan bongkar pasang bangunan.

Ø  Memiliki tempat khusus untuk beribadah maupun pelaksanaan kegiatan sosio-religius seperti mushalla atau masjid.

         Ketentuan ini ketika diterapkan pada jenjang pendidikan yang berbeda, akan menghasilkan keputusan yang berbeda pula. Misalnya pada ketentuan harus kreatif, inovatif, responsif, dan bervariasi antara lembaga madrasah Ibtidaiyah dengan madrasah Aliyah sangat berbeda, seperti penataan meja. Penataan ini pada madrasah Ibtidaiyah bisa berbeda-beda antara semua kelas. Ada yang seluruh meja di depan papan tulis seperti yang terjadi selama ini, ada kelas yang penataan mejanya dalam bentuk oval, separuh oval, beberapa meja bulat, dan sebagainya.

         Tetapi untuk madrasah Aliyah tidak perlu sevariasi itu, Untuk penataan lingkungan dalam kompleks sekolah, madrasah, perguruan tinggi, pesantren seharusnya rapi, indah, bersih, anggun dan asri. Keadaan ini setidaknya menjadikan peserta didik merasa betah (kerasan) berada di lembaga pendidikan baik sewaktu proses pembelajaran berlangsung di kelas, waktu istirahat, ketika berkunjung ke sekolah, bahkan tamu-tamu dari luar  juga diharapkan merasakan hal yang sama. Kenyataan di lapangan kebanyakan lembaga pendidikan Islam kurang memperhatikan kerapian, kebersihan, keindahan, keanggunan dan keasrian tersebut apalagi pesantren, kecuali dalam jumlah yang amat sedikit seperti pesantren An-Nur Bululawang Malang yang telah mengelola lingkungan dalam komplek pesantren cukup indah. Taman-tamannya diatur bagus dan ada semacam kebun binatang mini.Nabi pernah bersabda:        إَنَّ اللهَ جَمِيْلٌ يُحِبُّ الْجَمَالََ

("Sesungguhnya Allah itu indah, Dia menyukai terhadap keindahan").

       Gedung-gedung yang dibangun harus diupayakan melalui perencanaan yang matang sehingga minimal digunakan dalam waktu 25 tahun. Untuk itu gedung harus kuat, awet dan posisinya tepat sehingga tidak sampai dibongkar kemudian didirikan gedung baru di tempat yang sama dalam waktu yang relatif cepat, karena cara itu adalah pemborosan. Sebaiknya gedung itu dibangun bertingkat yang mengandung manfaat di samping menghemat tanah juga terkesan kokoh. Bentuk gedung pun sebaiknya juga indah dan memiliki gaya arsitektur yang khas yang menyebabkan orang yang memandang merasa tertarik.

       Di samping itu, suatu keharusan juga untuk membangun masjid atau setidaknya mushalla. Bangunan ini bukan sekadar simbol bagi lembaga pendidikan Islam tetapi memang merupakan kebutuhan riil untuk beribadah ketika pegawai dan peserta didik berada di sekolah. Masjid atau Mushalla itu juga bisa dimanfaatkan sebagai laboratorium ibadah bagaimana cara berwudhu yang benar, dan bagaimana mempraktekkan shalat yang benar, keduanya bisa dilaksanakan di tempat tersebut. Lebih dari itu, masjid atau mushalla diupayakan ikut mewarnai perilaku islami warga sekolah sehari-hari dengan mengoptimalkan kegiatan keagamaan maupun kegiatan ilmiah yang ditempatkan di masjid atau mushalla.

        Dalam mengelola sarana dan prasarana di sekolah dibutuhkan suatu proses sebagaimana terdapat dalam manajemen yang pada umumnya, yaitu mulai dari perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, pemeliharaan dan pengawasan. Apa yang dibutuhkan oleh sekolah perlu direncanakan dengan cermat berkaitan dengan semua sarana dan prasarana yang mendukung terhadap proses pembelajaran.

      Tujuan dari pada pengelolaan sarana dan prasarana sekolah ini adalah untuk memberikan layanan secara profesional berkaitan dengan sarana dan prasarana pendidika agar proses pembelajaran bisa berlangsung secara efektif dan efisien. Berkaitan dengan tujuan ini. Bafadal (2003) menjelaskan secara rinci tentang tujuan manajemen sarana dan prasarana pendidikan sebagai berikut:

Ø  Untuk mengupayakan pengadaan sarana dan prasarana sekolah melalui sistem perencanaan dan pengadaan yang hati-hati dan seksama, sehingga sekolah memiliki sarana dan prasarana sesuai dengan kebutuhan.

Ø  Untuk mengupayakan pemakaian sarana dan prasarana sekolah secara tepat dan efisien

Ø  Untuk mengupayakan pemeliharaan sarana dan prasarana pendidikan, sehingga keadaannya selalu dalam kondisi siap pakai dalam setiap diperlukan oleh semua personil sekolah. 

       Manajemen sarana dan prasarana yang baik diharapkan dapat menciptakan sekolah/sekolah islam yang bersih, rapi, indah, sehingga menciptakan kondisi yang menyenangkan baik bagi guru maupun untuk berada di sekolah islam. Di samping itu juga diharapkan tersedianya alat-alat fasilitas belajar yang memadai secara kuantitatif, kualitatif, dan relevan dengan kebutuhan serta dapat dimanfaatkan secara optimal untuk kepentingan proses pendidikan dan pengajaran, baik oleh guru sebagai pengajar maupun murid-murid sebagai pelajar.

 

B.Tujuan Manajemen Sarana Dan Prasarana

Adapun tujuan dari pengelolaan sarana dan prasarana adalah untuk memberikan layanan secara profesional dibidang sarana dan prasarana pendidikan dalam rangka terselenggaranya proses pendidikan secara efektif dan efisien, secara rinci tujuan dari pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan adalah:

a) Mengupayakan pengadaan sarana dan prasarana pendidikan melalui sistem perencanaan dan pengadaan yang hati-hati dan seksama dengan pengertian bahwa diharapkan semua perlengkapan yang didapatkan sekolah adalah sarana dan prasarana yang berkualitas tinggi, sesuai dengan kebutuhan sekolah dengan dana yang efisien.

b) Mengupayakan pemakaian sarana dan prasarana pendidikan secara tepat dan efisien.

c) Mengupayakan sarana dan prasarana pendidikan di sekolah, sehingga keberadaan selalu dalam kondisi siap pakai saat diperlukan oleh semua personel.

 

C.Prinsip-Prinsip Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan Islam

        Dalam mengelola sarana dan prasarana sekolah terdapat beberapa prinsip yang perlu diperhatikan agar tujuan bias tercapai dengan maksimal. Menurut Bafadal prinsip-prinsip tersebut antara lain:

ü  Prinsip pencapaian tujuan

      Pada dasarnya manajemen perlengkapan sekolah di lakukan dengan maksud agar semua fasilitas sekolah dalam keadaan kondisi siap pakai. Oleh sebab itu, manajemen perlengkapan sekolah dapat di katakan berhasil bilamana fasilitas sekolah itu selalu siap pakai setiap saat, pada sat seorang personel sekolah akan menggunakannya.

ü  Prinsip Efisiensi

      Dengan prinsip efisiensi semua kegiatan pengadaan sarana dan prasarana sekolah di lakukan dengan perencanaan yang hati-hati, sehingga bisa memperoleh fasilitas yang berkualitas baik dengan harga yang relatif murah.Dengan prinsip efisiensi berarti bahwa pemakaian semua fasilitas sekolah hendaknya dilakukan dengan sebaik-baiknya, sehingga dapat mengurangi pemborosan.Maka perlengkapan sekolah hendaknya di lengkapi dengan petunjuk teknis penggunaan dan pemeliharaannya. Petunjuk teknis tersebut di komunikasikan kepada semua personil sekolah yang di perkirakan akan menggunakannya. Selanjutnya, apabila di pandang perlu, di lakukan pembinaan terhadap semua personel.

ü  Prinsip Administratif

     Yaitu manajemen sarana dan prasarana disekolah harus selalu memperhatikan undang-undang, instruksi, dan petunjuk teknis yang diberlakukan oleh pihak yang berwenang.

ü  Prinsip kejelasan tanggung jawab

   Di Indonesia tidak sedikit adanya kelembagaan pendidikan yang sangat besar dan maju. Oleh karena besar, sarana dan prasarananya sangat banyak sehingga manajemennya melibatkan banyak orang. Bila mana  hal itu terjadi maka perlu adanya pengorganisasian kerja pengelolaan perlengkapan pendidikan. Dalam pengorganisasiannya, semua tugas dan tanggung jawab semua orang yang terlibat itu perlu di deskripsikan dengan jelas

ü  Prinsip kekohesifan

      Dengan prinsip kekohesifan berarti manajemen perlengkapan pendidikan di sekolah hendaknya terealisasikan dalam bentuk proses kerja sekolah yang sangat kompak. Oleh kerena itu, walaupun semua orang yang terlibat dalam pengelolaan perlengkapan itu telah memiliki tugas dan tanggung jawab masing-masing, namun antara satu dengan yang lainnya harus selalu bekerja sama dengan baik.

 

D.Proses Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan

      Manajemen sarana dan prasarana pendidikan disekolah berkaitan erat dengan aktivitas-aktivitas pengadaan, pendistribusian, penggunaan dan pemeliharaan, inventarisasi, serta penghapusan sarana dan prasarana pendidikan islam. Hal ini menunjukkan bahwa perlu adanya suatu proses dan keahlian  di dalam mengelolanya. Dan tindakan prefentif yang tepat akan sangat berguna bagi instansi. Dalam pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan agar dalam kondisi siap pakai, diperlukan tugas khusus yang menanganinya.

 

        1.Perencanaan Sarana Dan Prasarana Pendidikan Islam

      Perencanaan sarana dan prasarana pendidikan islam merupakan suatu proses analisis dan penetapan kebutuhan yang diperlukan dalam proses pembelajaran sehingga muncullah istilah kebutuhan yang diperlukan (primer) dan kebutuhan yang menunjang. Dalam proses perencanaan ini harus dilakukan dengan cermat dan teliti baik berkaitan dengan karakteristik sarana dan prasarana yang dibutuhkan, jumlahnya, jenisnya dan kendalanya (manfaat yang didapatkan), beserta harganya. Berkaiatan dengan ini Jones (1969) menjelaskan bahwa perencanaan pengadaan perlengkapan pendidikan di sekolah harus diawali dengan analisis jenis pengalaman pendidikan yang diprogramkan di sekolah menurut Sukarna (1987) adalah sebagai berikut:

a)      Menampung semua usulan pengadaan perlengkapan sekolah yang diajukan oleh setiap unit kerja dan atau mengiventarisasi kekurangan perlengkapan sekolah.

b)      Menyusun rencana kebutuhan perlengkapan sekolah untuk periode tertentu.

c)      Memadukan rencana kebutuhan yang telah disusun dengan perlengkapan yang tersediasebelumya.

d)     Memadukan rencana kebutuhan dengan dana atau anggaran sekolah yang tersedia. Dalam hal ini, jika dana yang tersedia tidak mencukupi untuk pengadaan semua kebutuhan yang diperlukan, maka perlu diadakan seleksi terhadap semua kebutuhan perlengkapan yang telah direncanakan dengan melihat urgensi setiap perlengkapan yang diperlukan.

e)      Memadukan rencana (daftar) kebutuhan perlengkapan yang urgen dengan dana atau anggaran yang tersedia, maka perlu diadakan seleksi lagi dengan melihat skala prioritas menngenai perlengkapan yang paling penting.

f)       Penetapan rencana pengadaan akhir.

 

          2.Pengadaan Sarana Dan Prasarana Pendidikan Di Sekolah

       Pengadaan sarana dan prasarana pendidikan di sekolah pada hakekatnya adalah kelanjutan dari program perencanaan yang telah disusun sekolah sebelumnya.Sistem pengadaan sarana dan prasarana sekolah dapat dilakukan dengan berbagai cara, antara lain adalah seperti yang disebutkan dibawah ini :

·         sandang diartikan sebagai “bahan pakaian”. Jika diberi penjelasan lebih jauh mengenai kebutuhan manusia, maka arti sesungguhnya adalah kebutuhan pakaian yang diperlukan manusia dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

·         pangan dianggap sebagai komponen kebutuhan yang paling dibutuhkan oleh manusia untuk hidup. Menurut KBBI, pangan diartikan sebagai “makanan”. Namun, jika dijelaskan lebih jauh, maka pangan bukan hanya berarti makanan, namun juga minuman yang dikonsumsi setiap hari oleh manusia. Kebutuhan ini tidak boleh tidak terpenuhi karena bisa menyebabkan kematian.

·         papan yang dalam KBBI berarti “tempat tinggal”, dianggap sebagai salah satu kebutuhan penting manusia untuk bisa bertahan hidup. Melalui zaman prasejarah, di mana manusia bersifat nomaden dan tidak menetap di suatu tempat, seiring perkembangannya mereka sadar untuk bertahan di lokasi tertentu. Alasannya, sudah tentu untuk melindungi diri mereka dari serangan pihak lain atau predator.

·         Pengadaan perlengkapan dengan cara menyewa atau meminjam

·         Pengadaan perlengkapan sekolah dengan cara tukar menukar barang yang dimiliki dengan barang lain yang dibutuhkan sekolah.

Memilih sarana dan prasana pendidikan islam bukanlah berupa resep yang lengkap dengan petunjuk-petunjuknya, lalu pendidik menerima resep itu begitu saja. Sarana pembelajaran hendakaya direncanakan, dipilih dan diadakan dengan teliti sesuai dengan kebutuhan sehingga penggunaannya berjalan dengan wajar.

           Untuk itu pendidik hendaknya menyesuaikan dengan sarana pembelajaran dengan faktor-faktor yang dihadapi, yaitu tujuan apakah yang hendak dicapai, media apa yang tersedia, pendidik mana yang akan mempergunakannya, dan yang peserta didik mana yang di hadapi. Faktor lain yag hendaknya dipertimbangkan dalam pemilihan sarana pembelajaran adalah kesesuaian dengan ruang dan waktu.

 

         3. Inventarisasi Sarana Dan Prasarana Pendidikan

          Inventarisasi dapat diartikan sebagai pencatatan dan penyusunan barang-barang milik negara secara sistematis, tertib, dan teratur berdasarkan ketentuan-ketentuan taau pedoman-pedoman yang berlaku.Hal ini sesuai dengan keputusan menteri keuangan RI Nomor Kep. 225/MK/V/4/1971 bahwa barang milik negara berupa semua barang yang berasal atau dibeli dengandana yang bersumber baik secara keseluruhan atau bagian sebagainya dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) ataupun dana lainnya yang barang-barang dibawah penguasaan kantor departemen dan kebudayaan, baik yang berada di dalam maupun luar negeri.Kegiatan inventarisasi sarana dan prasarana pendidikan di sekolah menurut Bafadal (2003) meliputi :

a)      Pencatatan sarana dan prasarana sekolah dapat dilakukan didalam buku penerimaan barang, buku bukan inventaris, buku (kartu) stok barang.

b)       Pembuatan kode khusus untuk perlengkapan yang tergolong barang inventaris. Caranya dengan membuat kode barang dan menempelkannya atau menuliskannya pada badan barang perlengkapan yang tergolong sebagai barang inventaris.Tujuannya adalah untuk memudahkan semua pihak dalam mengenal kembali semua perlengkapan pendidikan di sekolah baik ditinjau dari kepemilikan, penanggung jawab, maupun jenis golongannya. Biasanya kode barang itu berbentuk angka atau numerik yang menunjukkan departemen, lokasi, sekolah, dan barang.

c)      Semua perlengkapan pendidikan di sekolah yang tergolong barang inventaris harus dilaporkan. Laporan tersebut sering disebut dengan istilah laporan mutasi barang.Pelaporan dilakukan daalm periode tertentu, sekali dalam satu triwulan. Dalam satu tahun ajaran misalnya, pelaporan dapat dilakukan pada bulan juli, oktober, januari, dan april tahun berikutnya.

 

4.Pengawasan Dan Pemeliharaan Sarana Dan Prasarana   Pendidikan Di Sekolah

         Pengawasan merupakan salah satu fungsi manajemen yang harus dilaksanakan oleh pimpinan organisasi.Berkaitan dengan sarana dan prasarana pendidikan di sekolah, perlu adanya kontrol baik dalam pemeliharaan atau pemberdayaan. Pengawasan (control) terhadap sarana dan prasarana pendidikan di sekolah merupakan usaha yang ditempuh oleh pimpinan dalam membantu personel sekolah untuk menjaga atau memelihara, dan memanfaatkan sarana dan prasarana sekolah dengan sebaik mungkin demi keberhasilan proses pembelajaran di sekolah.

       Pemeliharaan terhadap sarana dan prasarana pendidikan di sekolah merupakan aktivitas yang harus dijalankan untuk menjaga agar perlengkapan yang dibutuhkan oleh personel sekolah dalam kondisi siap pakai. Kondisi siap pakai ini akan sangat membantu terhadap kelancaran proses pembelajaran yang dilaksanakan di sekolah. Oleh karena itu, semua perlengkapan yang ada di sekolah membutuhkan perawatan, pemeliharaan, dan pengawasan agar dapat diperdayakan dengan sebaik mungkin.

         Program perawatan ini yang bisa disebut program perawatan preventif memiliki tujuan untuk meningkatkan kinerja, memperpanjang usia pakai, menurunkan biaya perbaikan, dan menetapkan biaya efektif perawatan sarana dan prasarana sekolah, melestarikan kerapian dan keindahan, dan menghindarkan dari kehilangan atau setidaknya meminimalisir kehilangan.Program perawatan ini dapat di tempuh melalui langkah-langkah berikut ini:

Ø  Membentuk tim pelaksana perawatan preventif di sekolah .

Ø   Membuat daftar sarana dan prasarana termasuk seluruh perawatan yang ada di sekolah.

Ø  Menyiapkan jadual tahunan kegiatan perawatan untuk setiap perawatan dan fasilitas sekolah .

Ø  Menyiapkan lembar evaluasi untuk menilai hasil kerja perawatan pada masing-masing bagian di sekolah.

Ø  Memberi penghargaan bagi mereka yang berhasil meningkatkan kinerja peralatan sekolah dalam rangka meningkatkan kesadaran dalam merawat sarana dan prasarana sekolah.

        Adapun program perawatan preventif di sekolah tersebut dapat dilaksanakan dengan:

 (1) Memberikan arahan kepada tim pelaksana perawatan preventif dan mengkaji ulang terhadap program  yang telah dilaksanakan secara teratur;

 (2) Mengupayakan pemantauan bulanan ke lokasi tempat sarana prasarana, untuk mengevaluasi aktivitas pelaksanaannya berdasarkan jadual yang telah dilaksanakan;

(3) Menyebarkan informasi tentang program perawatan preventif untuk seluruh warga sekolah terutama guru dan siswa; dan

(4) Membuat program lomba perawatan terhadap sarana dan fasilitas sekolah untuk memotivasi.

 

      5.Penghapusan Sarana Dan Prasarana Pendidikan.

      Pengahapusan sarana dan prasarana pendidikan adalah kegiatan meniadakan barang-barang milik lembaga (bisa juga milik negara) dari daftar inventaris dengan cara berdasarkan perundang-undangan yang berlaku. Sebagai salah satu aktivitas dalam manajemen sarana dan prasarana pendidikan, penghapusan bertujuan untuk :

ü  mencegah dan membatasi kerugian yang lebih besar sebagai akibat pengeluaran dana untuk perbaikan yang perlengkapan yang rusak.

ü  mencegah terjadinya pemborosan biaya pengamanan yang tidak berguna lagi.

ü  membebaskan lembaga dari tanggung jawab pemeliharaan dan pengamanan.

ü  meringankan beban inventaris.

       Kepala sekolah memiliki kewenangan untuk melakukan penghapusan terhadap perlengkapan sekolah. Namun perlengkapan yang akan dihapus harus memenuhi persyaratan-persyaratan penghapusan. Demikian pula prosedurnya harus mengikuti peraturan perundang-undangan yang berlaku. Barang-barang yang memenuhi syarat untuk dihapus adalah:

a.       Barang-barang dalam keadaan rusak berat sehingga tidak dapat dimanfaatkan.

b.      Barang-barang yang tidak sesuai dengan kebutuhan.

c.       Barang-barang kuno yang penggunaannya sudah tidak efisien lagi.

d.      Barang-barang yang terkena larangan.

e.       Barang-barang yang mengalami penyusustan di luar kekuasaaan pengurus.

f.       Barang-barang yang pemeliharaannya tidak seimbang dengan kegunaannya.

g.      Barang-barang yang berlebihan dan tidak digunakan lagi.

h.      Barang-barang yang dicuri.

i.        Barang-barang yang diselewengkan.

j.        Barang-barang yang terbakar dan musnah akibat bencana alam.

       Dalam penghapusan barang ini, kepala sekolah beserta stafnya hendaknya mengelompokkan dan mendata barang-barang yang akan dihapus, kemudian mengajukan usulan penghapusan beserta lampiran jenis barang yang akan dihapus ke Diknas/Depag. Setelah SK dari kantor pusat tentang penghapusan barang sesuai berita acara yang ada. Penghapusan barang ini dapat dilakukan dengan cara pemusnahan atau pelelangan.Masalah lain yang perlu diperhatikan ialah perusakan yang sering dilakukan oleh siswa “gatal tangan”. Perilaku ini banyak penyebabnya, antara lain adanya rasa kurang aman, frustasi, balas dendam karena merasakan ketidak adilan, dan perkelahian antar kelompok. Upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut antara lain :

Ø  Bangkitkan rasa bangga akan keindahan, keunikan sekolah. Ini harus dicontohkan oleh kepala sekolah, guru, dan aparat lainnya. Ajaran agama tentang kebersihan dan keindahan dapat membantu disini.

Ø  Siapkan bangunan dalam kondisi prima pada tahun ajaran baru. Itu dilakukan dalam liburan sekolah.Dinding dibersihkan, bangku dan lain-lain demikian juga.Anak-anak yang masuk pada hari-hari pertama tidak lagi melihat coret-coretan pada dinding atau pada bangkunya. Ini akan ada pengaruhnya.

Ø  Ketertiban di kelas harus terkendali. Hal-hal kecil jangan di biarkan. Kadang-kadang tanpa diketahui hal kecil itu berkembang menjadi besar.

Ø  Jangan mengatakan bahwa anak-anak itu nakal hanya karena membuat coretan pada dinding. Lebih bijak memanggilnya, dan guru menghapus coretan itu bersama anak itu tadi. Boleh dinasehati agar tidak membuat coretan.

Ø  Dalam hal menaggulangi kenakalan siswa, fungsi guru agama diperkirakan cukup besar. Kerja sama guru agama dengan seluruh aparat sekolah sangat diperlukan untuk menanggulangi kenakalan secara bersama-sama.  

         Pemeliharaan sarana dan prasarana sebenarnya memerlukan dana yang cukup besar, ini tidak bisa dihindari. Tujuannya antara lain supaya sarana dan prasarana tidak cepat rusak, disebabkan pengaruhnya besar pada kesuksesan Pendidikan Islam.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB IV

PENUTUP

A.    Kesimpulan

1.      Manajemen sarana dan prasarana pendidikan dapat didefinisikan sebagai proses       kerja sama pendayagunaan semua sarana dan prasarana pendidikan secara efektif.

2.      Tujuan daripada pengelolaan sarana dan prasarana sekolah ini adalah untuk memberikan layanan secara profesional berkaitan dengan sarana dan prasarana pendidikan agar proses pembelajaran bisa berlangsung secara efektif dan efisien.

3.      Prinsip-prinsip manajemen sarana dan prasarana pendidikan Islam meliputi:

a.       prinsip pencapaian tujuan,

b.      prinsip efisiensi,

c.       prinsip administratif,

d.      prinsip kejelasan tanggung jawab,

e.       prinsip kekohesifan.

4.      Proses manajemen sarana dan prasarana pendidikan islam  berkaitan erat dengan :

a.       Perencanaan sarana dan prasarana pendidikan islam.

b.      Pengadaan sarana dan prasarana pendidikan islam.

c.       Inventarisasi sarana dan prasarana pendidikan islam.

d.      Pengawasan dan pemeliharaan sarana dan prasarana pendidikan islam.

e.       Pengahapusan sarana dan prasarana sekolah.

 

B.     Saran

    Penulis menyadari dengan sepenuhnya bahwasanya dalam penulisan laporan ini masih terdapat banyak kekurangan, oleh karena itu penulis berharap kritik dan saran dari berbagai pihak demi terciptanya laporan yang lebih baik.

 

DAFTAR PUSTAKA

 

Arsyad. (2000). Media Pengajaran. PT Raja Grafindo Persada : Jakarta Cet II.

 

Asnawir dan M. Basyiruddin Usman. (2002) Media Pembelajaran. Ciputra Pers: Jakarta.

 

Bafadal, Ibrahim. (2003). Seri Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan Berbasis Sekolah, Manajemen Perlengkapan Sekolah Teori dan Aplikasi. PT Bumi Aksara: Jakarta.

 

 






 



Tidak ada komentar: