Arsip Blog

Entri yang Diunggulkan

HAKIKAT DAN KONSEP PERMAINAN SAINS PADA ANAK USIA DINI

Cari Blog Ini

Sabtu, 07 Juni 2014

Berikut Langkah-langkah Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) :

Berikut Langkah-langkah Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) :
1. Kegiatan Awal
Guru menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran,
Apersepsi, sebagai penggalian pengetahuan awal siswa terhadap materi yang akan diajarkan.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan pokok-pokok materi yang akan dipelajari
Penjelasan tentang pembagian kelompok dan cara belajar.
2. Kegiatan Inti
1)      Siswa bekerja dalam kelompok menyelesaikan permasalahan yang diajukan guru. Guru berkeliling untuk
2)      Siswa wakil kelompok mempresentasikan hasil penyelesaian dan alasan atas jawaban permasalahan yang diajukan guru.
3)      Siswa dalam kelompok menyelesaikan lembar kerja (LKS: soal cerita perkalian terlampir) yang diajukan guru. Guru berkeliling untuk mengamati, memotivasi, dan memfasilitasi kerja sama,
4)      Siswa wakil kelompok mempresentasikan hasil kerja kelompok dan kelompok yang lain menanggapi hasil kerja kelompok yang mendapat tugas,
5)      Dengan mengacu pada jawaban siswa, melalui tanya jawab, guru dan siswa membahas cara penyelesaian masalah yang tepat,
6)      Guru mengadakan refleksi dengan menanyakan kepada siswa tentang hal-hal yang dirasakan siswa, materi yang belum dipahami dengan baik, kesan dan pesan selama mengikuti pembelajaran.
3.  Kegiatan Akhir
1.       Guru dan siswa membuat kesimpulan cara menyelesaikan soal cerita perkalian bilangan,
2.       Siswa mengerjakan lembar tugas (LTS: soal cerita perkalian terlampir),
3.       Siswa menukarkan lembar tugas satu dengan yang lain, kemudian, guru bersama siswa membahas penyelesaian lembar tugas dan sekaligus dapat memberi nilai pada lembar tugas sesuai kesepakatan yang telah diambil (ini dapat dilakukan apabila waktu masih tersedia

Strategi Pembelajaran Konstektual
CTL merupakan strategi yang melibatkan sIswa secara penuh dalam proses pembelajarannya. Siswa didorong ntuk beraktifitas mempelajari materi pelajaran sesuai dengan topik yang akan dipelajarinya. Belajar dalam konteks CTL adalah proses pengalaman secara langsung..
A.      Konsep Dasar Strategi Pembelajaran Kontekstual
Contextual teaching and Learning (CTL) adalah suatu strategi pembelajaran yang menekankan kepada proses keterlibatan siswa secara penh ntuk dapat menemukan materi yang dipelajari dan menghubungkannya dengan situasi kehidupan nyata sehingga mendorong siswa untuk dapat menerapkannya dalam kehidupan mereka.
Ada tiga hal yang harus dipahami
ü  Pertama CTL menekankan kepada proses keterlibatan siswa untuk menemukan materi,
ü  kedua CTL mendorong agar siswa dapat menemukan hubungan antara materi yang dipelajari dengan situasi kehidupan nyata,
ü  ketiga mendorong siswa untuk dapat menerapkan dalam kehidupan.

Terdapat lima karakteristik penting dalam proses pembelajaran yang menggunakan pendekatan CTL.
·         Pembelajaran merupakan proses pengaktifan pengetahuan yang sudah ada (activating knowledge)
·         Pembelajaran ntuk memperoleh dan menambah pengetahuan baru (acquiring knowledge)
·         Pemahaman pengetahuan (understanding knowledge)
·         Mempraktikan pengetrahuan dan pengalaman tersebut (applying knomledge)
·         Melakukan refleksi (reflecting knowledge)




Kelemahan Dan Kelebihan Pembelajaran Kontekstual
Suatu metode pembelajaran mempunyai kelebihan dan kelemahannya masing-masing. Demikian pula dengan metode pembelajaran kontekstual.
1.   Kelebihan:
ü  Peserta didik mampu menghubungkan teori dengan kondisi di lapangan yang sebenarnya.
ü  Peserta didik dilatih agar tidak tergantung pada menghapal materi
ü  Melatih peserta didik untuk berpikir kritis dalam meghapdapi suatu permasalahan
ü  Melatih peserta didik untuk berani menyampaikan argumen, bertanya, serta menyampaikan hasil pemikiran
ü  Melatih kecakapan interpersonal untuk berhubungan dengan orang lain.

2.   Kelemahan:
ü  Membutuhkan waktu lama dalam pelaksanaannya
ü  Membutuhkan banyak biaya


Tidak ada komentar: