Arsip Blog

Entri yang Diunggulkan

HAKIKAT DAN KONSEP PERMAINAN SAINS PADA ANAK USIA DINI

Cari Blog Ini

Sabtu, 07 Juni 2014

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARA (RPP)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARA
(RPP)
Nama                  :Madrasah Tsanawiyah Konsel(MtsN)
Mata pelajaran    : fikih
Kelas / semeater :VII/1(satu)
Tema                  : zakat
Alokasi Waktu    : 2 x 45 Menit (1 Kali pertemuan)

A.    materi pokok/tema
1.      Memahami hukum Islam tentang zakat
B.     Kompetensi Dasar
1.      Menjelaskan  pengertian  zakat
2.      Menyebutkan dasar hukum zakat
3.      Menyebutkan perundang-undangan tentang pengelolaan hukum zakat
4.      Menerapkan ketentuan perundang-undangan tentang pengelolaan hukum zakat

C.     Indikator
1.     Menyebutkan pengertian zakat
2.    Menjelaskan macam-macam zakat
3.    Menyebutkan dasar hukum zakat
4.    Menyebutkan perundang-undangan tentang pengelolaan hukum zakat
5.    Menerapkan ketentuan perundang-undangan tentang pengelolaan hukum zakat

D.    Tujuan
1.      Siswa mampu menyebutkan pengertian zakat
2.      Siswa mampu menjelaskan macam-macam zakat
3.      Siswa mampu menyebutkan dasar hukum zakat
4.      Siswa mampu menyebutkan perundang-undangan tentang pengelolaan hukum zakat.
6.        Siswa mampu menerapkan ketentuan perundang-undangan tentang pengelolaan hukum zakat

E.     Materi Ajar
1.      Pengertian Zakat
Zakat secara etimologi adalah suci, tumbuh berkembang, dan berkah, sedangkan Zakat secara terminologi , zakat adalah kadar harta tertentu yang diberikan kepada orang yang berhak menerimanya, dengan syarat tertentu.
2.      Dasar Hukum Zakat QS. Al- Baqarah: 43
Dan dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat dan ruku'lah beserta orang-orang yang ruku
QS. At- Taubah: 103
Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka dan mendoalah untuk mereka. Sesungguhnya doa kamu itu (menjadi) ketenteraman jiwa bagi mereka. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.
3.      Rukun zakat
Adalah: mengeluarkan sebahagian dari harta dengan melepaskan kepemilikan terhadapnya, menjadikannya sebagai milik mustahiq (orang yang menerima zakat tersebut).
4.      Syarat zakat
1.      Syarat Wajib Zakat
1)      Islam
2)      Merdeka
3)      Baligh dan berakal
4)      Hata yang dikeluarkan
2.      Syarat Sah Zakat
1)      Niat
2)      Zakat tidak boleh dserahkan kpada org gila/anak kecil yg belum mumayiz kecuali kepada ayahnya
3.      Harta yang wajib dizakatkan
1)      Zakat Nuqud (emas, perak, dan uang)
2)      Zakat Barang Tambang dan Temuan
3)      Zakat Harta Perdagangan
4)      Zakat Tanaman dan Buah-buahan
5)      Zakat Binatang Ternak
4.      Kelompok Mustahiq Zakat
1)      Orang Fakir
2)      Orang Miskin
3)      Badan Amil Zakat
4)      Mu’allaf
5)      Memerdekakan Budak
6)      Orang yang Memiliki Hutang
7)      Orang yang Berjuang dijalan Allah (Fisabilillah)
8)      Orang yang Sedang Dalam Perjalanan
5.      Macam-Macam Zakat
1)      Zakat Fitrah
Sedekah wajib yang dibayarkan menjelang idul fitri dengan beberapa ketentuan dan persyaratan:
a.       Beragama islam
b.      Pada saat terbenam matahari terakhir bulan Ramadhan orang tersebut masih hidup dan baru lahir.
c.       Orang tersebut memiliki kelebihan harta untuk keperluan makan pada malam hari raya dan siang harinya
d.      Zakat fitrah dibayarkan sebanyak 3,5 liter / orang.
2)      Zakat Mal
Zakat mal (Zakat Harta): sesuatu yang dikeluarkan dari harta kita, apabila telah sampai nisabnya
6.      Hikmah zakat
a.       Sebagai perwujudan keimanan kepada Allah SWT, mensyukuri nikmatNya
b.      Mendidik berinfak dan memberi
c.       Menumbuhkan berakhlak dengan akhlak Allah
d.      Zakat merupakan manifestasi dari syukur atas nikmat Allah SWT.
e.       Zakat dapat mengobati hati dari cinta dunia.
f.       Zakat dapat mengembangkan kekayaan batin.
g.      Zakat dapat mensucikan harta dan mengembangkan harta.
h.      Untuk menolong fakir miskin.
7.      Perundang-undangan tentang pengelolaan hukum zakat
UU zakat yaitu UU No. 38 tahun 1999 tentang pengelolaan zakat terdiri dari 10 BAB, 125 pasal, kemudian SK mentri Agama RI tanggal 13 Oktober 1999 No 581 tahun 1999 tentang pelaksanaan UU No. 38 tahun 1999.
8.      Azaz dan tujuan pengelolaan zakat
Dalam Bab II pasal 4 dan 5 azaznya iman dan taqwa, keterbukaan, kepastian, hukum yang sesuai dengan Pancasila dan UUD 1945.
F.      Metode Pembelajaran
1.      Ceramah
2.      Diskusi
3.      Tanya Jawab
 G.    Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Alokasi Waktu
1.      Pendahuluan/Pembuka
a)      Kegiatan Guru
1)      Menyiapkan mental siswa, diantaranya; membaca Basmalah dan berdoa, mengambil absen siswa, memeriksa kesiapan lokal dan siswa.
2)      Memotivasi siswa untuk mengikuti pembelajaran dengan menjelaskan tujuan pembelajaran
3)      Apersepsi dan mengaitkan materi sebelumnya dengan materi yang akan diajarkan.
4)      Mengadakan preetes, untuk menguji pemahaman siswa mengenai materi yang akan diajarkan.
b)      Kegiatan Siswa
1)      Membaca Basamalah dan berdoa.
2)      Mendengarkan guru mengambil absen.
3)      Menyiapkan diri mengikuti PBM.
4)      Mendengarkan guru menjelaskan tujuan pembelajaran dan metode yang digunakan dalam PBM.
5)      Menjawab pertanyaan guru seputar materi yang akan dipelajari, serta mengikuti preetes yang diadakan oleh guru.
15 menit
2.      Kegiatan Inti
a)      Eksplorasi
1)      Kegiatan Guru
a)      Guru menjelaskan meteri pembelajaran kepada siswa.
2)      Kegiatan Siswa
a)      Siswa mendengarkan dan memperhatikan  penjelasan materi pembelajaran yang disampaikan oleh guru.
b)      Siswa mencatat hal yang penting dari penyampaian materi dari guru.

b)      Elaborasi
1)      Kegiatan Guru
a)      Guru melibatkan peserta didik dalam menggali informasi mengenai materi pelajaran.
b)      Melibatkan peserta didik dalam pembelajaran, serta menciptakan suasana kelas yang kondusif dengan pola interaksi yang terarah.
c)      Guru memberikan soal mengenai materi yang diajarkan
d)     Bagi siswa yang benar memberikannya reword.

2)      Kegiatan Siswa
a)      Melibatkan diri dalam aktifitas pembelajaran.
b)      Berkompitisi dalam menjawab pertanyaan yang disampaikan oleh guru

c)      Konfirmasi
1)      Kegiatan Guru
a)      Memberikan penguatan mengenai materi pelajaran.
b)      Menjawab pertanyan/persoalan yang belum dipahami oleh siswa.
2)      Kegiatan Siswa
a)      Mendengarkan penguatan materi   pembelajaran yang di sampaikan oleh guru.
b)      Menanyakan persoalan yang belum dipahami.
50 menit
3.      Penutup
a.       Kegiatan Guru
1)      Menyimpulkan hasil pembelajaran dengan bersamaan membimbing peserta didik mengambil kesimpulan hasil pembelajaran.
2)      Memberikan umpan balik kepada siswa berkenaan dengan materi pelajaran.
3)      Melakukan penilaian berkenaan dengan materi pelajaran.
4)      Memotivasi siswa dalam pembelajaran dengan menerapkan sistem Riward.
5)      Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
6)      Menutup pembelajaran dengan membaca Hamdallah.
b.      Kegiatan Siswa
1)        Mendengarkan dan mencatat kesimpulan pembelajaran  pada hari itu.
2)        Mengikuti penilaian yang dilaksanakan oleh guru.
3)        Mendengarkan guru menyampaikan rancangan pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
4)        Menutup pembelajaran dengan membaca Hamdallah
25 menit

H.    Media dan Sumber Belajar
1.      Media
a)      Power Point
b)      Infocus

2.      Sumber
a)      Buku  paket Fiqh Kls VII SMP
b)      Al-Qur’an dan terjemahannya
c)   Buku lain memadai dan relevan
I.       Jenis Penilaian
1.      Tulisan
2.      Esay





Tidak ada komentar: