RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARA
(RPP)
Nama
:Madrasah Tsanawiyah Konsel(MtsN)
Mata pelajaran :
fikih
Kelas / semeater :VII/1(satu)
Tema : zakat
Alokasi Waktu : 2 x
45 Menit (1 Kali pertemuan)
A. materi pokok/tema
1. Memahami hukum Islam tentang zakat
B. Kompetensi Dasar
1. Menjelaskan pengertian
zakat
2. Menyebutkan dasar hukum zakat
3. Menyebutkan perundang-undangan
tentang pengelolaan hukum zakat
4. Menerapkan ketentuan perundang-undangan
tentang pengelolaan hukum zakat
C. Indikator
1.
Menyebutkan pengertian zakat
2.
Menjelaskan
macam-macam zakat
3.
Menyebutkan
dasar hukum zakat
4.
Menyebutkan
perundang-undangan tentang pengelolaan hukum zakat
5.
Menerapkan ketentuan perundang-undangan
tentang pengelolaan hukum zakat
D. Tujuan
1. Siswa mampu
menyebutkan pengertian zakat
2. Siswa mampu menjelaskan
macam-macam zakat
3. Siswa mampu menyebutkan
dasar hukum zakat
4. Siswa mampu menyebutkan
perundang-undangan tentang pengelolaan hukum zakat.
6.
Siswa mampu menerapkan ketentuan perundang-undangan
tentang pengelolaan hukum zakat
E. Materi Ajar
1. Pengertian
Zakat
Zakat secara
etimologi adalah suci, tumbuh berkembang, dan berkah, sedangkan Zakat secara terminologi , zakat
adalah kadar harta tertentu yang diberikan kepada orang yang berhak
menerimanya, dengan syarat tertentu.
2. Dasar Hukum
Zakat QS. Al- Baqarah: 43
Dan dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat dan ruku'lah
beserta orang-orang yang ruku”
QS. At-
Taubah: 103
Ambillah zakat dari sebagian harta
mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka dan
mendoalah untuk mereka. Sesungguhnya doa kamu itu (menjadi) ketenteraman jiwa
bagi mereka. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.
3. Rukun zakat
Adalah: mengeluarkan sebahagian dari harta dengan
melepaskan kepemilikan terhadapnya, menjadikannya sebagai milik mustahiq (orang
yang menerima zakat tersebut).
4. Syarat zakat
1. Syarat Wajib
Zakat
1)
Islam
2)
Merdeka
3)
Baligh dan
berakal
4)
Hata yang
dikeluarkan
2. Syarat Sah
Zakat
1)
Niat
2)
Zakat tidak
boleh dserahkan kpada org gila/anak kecil yg belum mumayiz kecuali kepada
ayahnya
3. Harta yang wajib dizakatkan
1) Zakat Nuqud (emas, perak, dan uang)
2) Zakat Barang Tambang dan Temuan
3) Zakat Harta Perdagangan
4) Zakat Tanaman dan Buah-buahan
5) Zakat Binatang Ternak
4. Kelompok Mustahiq Zakat
1)
Orang Fakir
2)
Orang Miskin
3)
Badan Amil Zakat
4)
Mu’allaf
5)
Memerdekakan Budak
6)
Orang yang Memiliki Hutang
7)
Orang yang Berjuang dijalan Allah (Fisabilillah)
8)
Orang yang Sedang Dalam Perjalanan
5. Macam-Macam Zakat
1)
Zakat Fitrah
Sedekah wajib yang dibayarkan menjelang idul fitri dengan beberapa
ketentuan dan persyaratan:
a. Beragama
islam
b. Pada saat
terbenam matahari terakhir bulan Ramadhan orang tersebut masih hidup dan baru
lahir.
c. Orang
tersebut memiliki kelebihan harta untuk keperluan makan pada malam hari raya
dan siang harinya
d. Zakat fitrah dibayarkan sebanyak 3,5
liter / orang.
2)
Zakat Mal
Zakat mal
(Zakat Harta): sesuatu yang dikeluarkan dari harta kita, apabila telah sampai
nisabnya
6. Hikmah zakat
a.
Sebagai perwujudan keimanan kepada Allah SWT, mensyukuri nikmatNya
b.
Mendidik berinfak dan memberi
c.
Menumbuhkan berakhlak dengan akhlak Allah
d.
Zakat merupakan manifestasi dari syukur atas nikmat Allah SWT.
e.
Zakat dapat mengobati hati dari cinta dunia.
f.
Zakat dapat mengembangkan kekayaan batin.
g.
Zakat dapat mensucikan harta dan mengembangkan harta.
h.
Untuk menolong fakir miskin.
7. Perundang-undangan
tentang pengelolaan hukum zakat
UU zakat yaitu UU No. 38 tahun 1999 tentang pengelolaan zakat terdiri
dari 10 BAB, 125 pasal, kemudian SK mentri Agama RI tanggal 13 Oktober 1999 No
581 tahun 1999 tentang pelaksanaan UU No. 38 tahun 1999.
8. Azaz dan
tujuan pengelolaan zakat
Dalam Bab II pasal 4 dan 5 azaznya iman dan taqwa, keterbukaan,
kepastian, hukum yang sesuai dengan Pancasila dan UUD 1945.
F. Metode Pembelajaran
1. Ceramah
2. Diskusi
3. Tanya Jawab
G.
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
1. Pendahuluan/Pembuka
a) Kegiatan Guru
1) Menyiapkan mental siswa,
diantaranya; membaca Basmalah dan berdoa, mengambil absen siswa, memeriksa
kesiapan lokal dan siswa.
2) Memotivasi siswa untuk mengikuti
pembelajaran dengan menjelaskan tujuan pembelajaran
3) Apersepsi dan mengaitkan materi
sebelumnya dengan materi yang akan diajarkan.
4) Mengadakan preetes, untuk menguji
pemahaman siswa mengenai materi yang akan diajarkan.
b) Kegiatan Siswa
1) Membaca Basamalah dan berdoa.
2) Mendengarkan guru mengambil absen.
3) Menyiapkan diri mengikuti PBM.
4) Mendengarkan guru menjelaskan
tujuan pembelajaran dan metode yang digunakan dalam PBM.
5) Menjawab pertanyaan guru seputar
materi yang akan dipelajari, serta mengikuti preetes yang diadakan oleh guru.
|
15 menit
|
2. Kegiatan Inti
a) Eksplorasi
1) Kegiatan Guru
a) Guru menjelaskan meteri
pembelajaran kepada siswa.
2) Kegiatan Siswa
a) Siswa mendengarkan dan
memperhatikan penjelasan materi
pembelajaran yang disampaikan oleh guru.
b) Siswa mencatat hal yang penting
dari penyampaian materi dari guru.
b) Elaborasi
1)
Kegiatan Guru
a) Guru melibatkan peserta didik
dalam menggali informasi mengenai materi pelajaran.
b) Melibatkan peserta didik dalam
pembelajaran, serta menciptakan suasana kelas yang kondusif dengan pola
interaksi yang terarah.
c) Guru memberikan soal mengenai
materi yang diajarkan
d) Bagi siswa yang benar
memberikannya reword.
2)
Kegiatan Siswa
a) Melibatkan diri dalam aktifitas
pembelajaran.
b) Berkompitisi dalam menjawab
pertanyaan yang disampaikan oleh guru
c) Konfirmasi
1) Kegiatan Guru
a) Memberikan
penguatan mengenai materi pelajaran.
b) Menjawab
pertanyan/persoalan yang belum dipahami oleh siswa.
2) Kegiatan Siswa
a) Mendengarkan
penguatan materi pembelajaran yang di
sampaikan oleh guru.
b) Menanyakan
persoalan yang belum dipahami.
|
50 menit
|
3. Penutup
a.
Kegiatan Guru
1) Menyimpulkan
hasil pembelajaran dengan bersamaan membimbing peserta didik mengambil
kesimpulan hasil pembelajaran.
2) Memberikan
umpan balik kepada siswa berkenaan dengan materi pelajaran.
3) Melakukan
penilaian berkenaan dengan materi pelajaran.
4) Memotivasi
siswa dalam pembelajaran dengan menerapkan sistem Riward.
5) Menyampaikan
rencana pembelajaran pada
pertemuan berikutnya.
6) Menutup
pembelajaran dengan membaca Hamdallah.
b.
Kegiatan Siswa
1)
Mendengarkan
dan mencatat kesimpulan pembelajaran
pada hari itu.
2)
Mengikuti
penilaian yang dilaksanakan oleh guru.
3)
Mendengarkan
guru menyampaikan rancangan pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
4) Menutup
pembelajaran dengan membaca Hamdallah
|
25 menit
|
H. Media dan Sumber Belajar
1. Media
a) Power Point
b) Infocus
2. Sumber
a) Buku paket Fiqh Kls VII SMP
b) Al-Qur’an
dan terjemahannya
c) Buku lain memadai dan relevan
I.
Jenis Penilaian
1. Tulisan
2. Esay
Tidak ada komentar:
Posting Komentar