Tugas
Hakekat Kurikulum Tingkat Satuan
Pendidikan
(Hakekat KTSP)
Oleh
Nama : Indra Sari
Nim :12010103021
JURUSAN TARBIYAH / KI
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI
(STAIN) SULTAN QOIMUDDIN
KENDARI
2014
KATA PENGANTAR
Segala
puji hanyalah milik Allah SWT, Tuhan semesta alam yang mengatur seluruh
perjalanan kehidupan manusia dari lahir sampai kembali keharibaan-Nya, serta
salam semoga selalu tercurahkan kepada manusia yang begitu agung akhlaknya
serta panutan seluruh mahluk yang ada dalam jagad ini Nabi Besar SAW, seorang
Rasul teladan umat, yang telah mengantarkan cahaya kebenaran sebagai petunjuk
dan rahmat bagi seluruh manusia, semoga diri dan keluarga kita menjadi dari
umat yang mendapatkan syafaat dan keselamatan dari doa-doa beliau.
Selain
itu, kami juga mengucapkan terima kasih kepada bapak yang telah memberikan
dorongan dan motivasi kepada saya sebagai penyusun makalah sehingga Makalah ini
dapat selesai. Di sini kami juga ingin menyampaikan, jika seandainya dalam
penulisan Makalah ini terdapat hal–hal yang tidak sesuai dengan harapan. Maka
kami sebagai penulis dengan senang hati menerima masukan, kritikan, dan saran
dari pembaca yang bersifat membangun demi kesempurnaan tugas kami. Semoga apa
yang kami paparkan dalam Makalah ini dapat bermanfaat, khususnya bagi pembaca.
Amiin.
Senin,02 Juni 2014
Penulis
i
Daftar Isi
KATA PENGANTAR............................................................................................i
DAFTAR ISI...........................................................................................................ii
BAB I
PENDAHULUAN
1.1.Latar
Belakang...........................................................................................1
1.2.Perumusan
Masalah....................................................................................1
1.3.Tujuan
Penulisan........................................................................................1
1.4.Manfaat Penulisan......................................................................................1
BAB II PEMBAHASAN
2.1.Pengertian
Hakekat
KTSP.........................................................................2
2.2.Karateristik
KTSP......................................................................................2
2.3.Tujuan
KTSP..............................................................................................4
2.4.Landasan Penyusunan
KTSP......................................................................4
2.5.Prisip-prisp
KTSP.......................................................................................5
2.6.Strategi Pengembangan
KTSP....................................................................6
BAB III PENUTUP
3.1.Kesimpulan..................................................................................................7
3.2.Saran.............................................................................................................7
DAFTAR PUSTAKA
ii
BAB I
PENDAHULUAN
1.1.Latar Belakang
Kurikulum dikambang berdasarkan prisip bahwa peserta didik memiliki posisi sentral untuk
mengembangkan potensinya agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada
Tuhan Yang Maha Esa,akhlak mulia,sehat,berilmu,cakap,kreatif,mandiri dan
menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.Untuk mendukung
pencapaian tersebut pengembangan kompetensi peserta didik disusuaikan dengan
potensi,perkembangan,kebutuhan,dan kepentingan peserta didik serta lingkungan
lingkungan.
Kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) didisun dengan mengacu
pada standar isi (si)dan standar kompotensi lulusan (SKL) yang telah ditetapkan
oleh pemerintah untuk menjamin pencapaian tujuan pendidikan nasional.Penyusunan
KTSP berpedoman pada paduan yan disusun oleh badan standar nasional pendidikan
(BSNP) dan ketentuan lain yang menyangkut kurikulum dalam undang-undang no
20/2003 dan PP No 19/2005.
Penyusunan KTSP sangat diperlukan untuk mengakomodasi semua potensi
yang ada di daerah dan untuk meningkatkan kwalutas satuan pendidikan dalam
bidang akademis maupun non akademis, memelihara budaya daerah,mengikuti
perkembangan imteq yang dilandasi iman dan takwa.
1.2.Rumusan Masalah
1.apa hakikat KTSP..?
2.Apa Karakteristik dari KTSP...?
3.Apap tujuan dari KTSP...?
4.Apa landasan dari penyusunan KTSP...?
5.Apa prinsip pengembangan KTSP..?
6.Bagaimana strategi pengembangan KTSP..?
1.3.Tujuan
Untuk mengetahui pengertian dari hakekat KTSP itu sendiri serta dapat
mengetahui kerateristik,tujuan,landasan penyusunan kurikulum,prinsip
pengembangan kurikulum,dan memahami strategi pengembangan kurikulum tingkat
satuan pendidikan.
1.4.Manfaat penulisan
Adapun manfaat
penulisan dalam makalah ini adalah:
1.Untuk memenuhi tugas yan diberikan oleh dosen pengmbangan kurikulum
2.Untuk memperlluas wawasan ilmu pengetahuan tentang pengembangan
kurikulum tingkat
1
satuan pendidikan bagi semua mahasiswa terhusus pada program studi KI
A
2
BAB II
PEMBAHASAN
2.1.Pengertian Hakekat KTSP
KTSP adalah kurikulum operasional yang
disusun dan dilaksanakan oleh masing-masing satuan pendidikan penyusunan KTSP
dilakukan oleh satuan pendidikan denfan memperhatikan dan berdasarkan standar
kompotensi serta kompotensi dasar yang dikembangkan oleh badan standar nasional
pendidikan (BSNP) .
Tujuannya adalah
untuk memandirikan dan memberdayakan satuan pendidikan melalui pemberian
kewenagan (otonomi) kepada lembaga pendidikan dan mendorong sekolah untuk
pengambilan keputusan secara partisipatif dalam pengembangan kurikulum.
Dalam pengembangan
KTSP, dilakukan oleh guru,oleh sekolah,serta komite sekolah dan dewan
pendidikan.Badan ini merupakan lembaga yang ditetapkan berdasarkan musyawarah
dari pejabat daerah setempat komisi pendidikan para dewan perwakilan rakyat
daerah (DPRD),pejabat pendidikan daerah kepala sekolah, tenaga pendidikan,
perwakilan orang tua, peserta didik,dan tokoh masyarakat.Lembaga inilah yang
menetapkan segala kebijakan sekolah berdasarkan ketentuan-ketentuan tentang
pendidikan yang berlaku.Selanjutnya komite sekolah merumuskan dan menetapkan
visi,misi,dan tujuan sekolah dengan berbagai implikasinya terhadap
program-program operasional untuk mencapai tujuan sekolah.
2.2.Karateristik KTSP
Kurikulum terdiri atas empat
desain,yakni desain kurikulum disiplin ilmu yang dikenal dengan kurikulum
subjek akademis,kurikulum pengembangan individu yang sering kita kenal dengan
kurikulum humanistik,kurikulum berorientasi pada kehidupan masyarakat atau yang
kita kenal dengan rekontruksi sosial serta kurikulum teknologis.Dihubungkan
dengan konsep dasar dan desain kurikulum diatas, maka KTSP memiliki unsur
tersebut yang sekaligus merupakan karateristik KTSP itu sendiri yakni :
·
Dilihat
dari desainnya KTSP adalah kurikulum yang berorientasi kepada disiplin ilmu.Hal
ini dapat kita lihat pertama,struktur program KTSP yang memuat sejumlah mata
pelajaran yang harus ditempuh oleh peserta didik.Kedua,kriteria keberhasilan
KTSP lebih banyak diukur dari kemampuan siswa menguasai materi pelajaran.
·
KTSP
adalah yang berorientasi pada pengembangan individu.Hal ini dapat dilihat dari
3
·
prinsip-prinsip
pembelajaran KTSP yang menekankan pada aktivitas siswa untuk mencari dan
menemukan sendiri materi pelajaran melaluiberbagai pendekatan dan stratehi
pembelajaran yang disarankan.
·
KTSP
adalah kurikulum yang mengakses kepentingan daerah hal ini tampak pada salah
satu prinsip KTSP,yakni berpusat pada potensi,perkembangan,kebutuhan,dan
kepentingan peserta didik dan lingkungannya.
·
KTSP
merupakan kurikulum teknologis.Hal ini dapat dilihat dari adanya standar
kompotensi,kompotensi dasar yang kemudian dijabarkan pada indikator hasil
belajar,yakni sejumlah perilaku yang terukur sebagai bahan penilaian.
2.3.Tujuan KTSP
Secara umum
diterapkannya tujuan KTSP adalah untuk memandirikan dan memberdayakan satuan
pendidikan melalui pemberian kewenangan (otonomi)kepada lembaga pendidikan.
Secara khusus tujuan
ditepkannya KTSP adalah untuk meningkatkan mutu pendidikan melalui kemandirian
dan inisiatif sekolah dalam mengembangkan kurikulum,mengelola, dan
memberdayakan yang tersedia.Meningkatkan kehidupan warga sekolah dan masyarakat
dalam perkembangan kurikulum melalui pengambilan keputusan bersama.Sebagai
kurikulum opersional KTSP menuntut keterlibatan masyarakat secara penuh,sebab
tanggung jawab pengembangan kurikulum tidak lagi berada di perintah,akan tetapi
sekolah,sedangkan sekolah akan berkembang manakala ada keterlibatan masyarakat
Meningkat kompetensi
yang sehat antar satuan pendidikan tentang kualitas pendidikan yang akan
dicapai.Melalui KTSP diharapkan setiap sekolah atau satuan pendidikan akan berlomba
dalam menyusun program kurikulum serta sekaligus berlomba dalam
mengimplementasikannya..
2.4.Landasan Penyusunan KTSP
KTSP secara yuridis
diamanatkan olersh undang-undang no 20 tahun
2003 tentang sistem pendidikan nasional dan peraturan pemerintah republik
indonesia no 19 tahun 2005 tentang standar nasional pendidikan.Penyusunan KTSP oleh
sekolah dimulai tahun ajaran 2007/2008 dengan mengacu pada standar isi (SI) dan
standar kompotensi lulusan 9SKL) untuk pendidikan dasar dan menengah
sebagaimana yang diterbitkan melalui
peraturan mentri pendidikan nasional masing-masing nomor 22 tahun 2006
dan nomor 23 tahun 2006,serta panduan pengembangan KTSP dikeluarkan oleh BSNP.
4
2.5.Prisip-prisip KTSP
Ada beberapa prisip
kurikulum tingkat satuan pendidikan yaitu:
1.Berpusat pada potensi, pengembangan,kebutuhan,dan kepentingan
peserta didik,dan lingkungannya,KTSP memiliki prinsip bahwa peserta didik
memiliki posisi sentral untuk mengembangkan potensinya agar menjadi manusia
yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan yang maha Esa,berakhlak
mulia,sehat,berilmu,cakap,kreati,menjadi warga negara yang demokratis serta
bertanggung jawab.Memiliki posisi sentralberarti kegiatan pembelajaran berpusat
pada peserta didik (student centerd)
2.Beragam dan terpadu, pengembangan kurikulum memperhatikan keragaman
karasteristik peserta didik,kondisi daerah,jenjang dan jenis pendidikan.serta
menghargai,tidak diskriminatif terhadap perbedaan agama,suku,budaya,adat
istiadat,status sosial,ekonomi dan gender.
3.Tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan,teknologi,dan
seni,kurikulum dikembangkan atas dasar kesadaran bahwa ilmu
pengetahuan,teknologi,dan seni berkembang secara dinami.Oleh karena
itu,semangat dan isi kurikulum memberikan pengelaman belajar peserta didik
untuk mengikuti dan memanfaatkan pengembangan ilmu pengetahuan,teknologi dan
seni.
4.Relevan dengan kebutuhan kehidupan,pengembangan kurikulum dilakukan
dengan melibatkan pemangki kepentingan (stakeholder) untuk menjamin reevansi
pendidikan dengan kebutuhan kehidupan,termasuk didalamnya kehidupan
kemasyarakatan,dunia usaha dan dunia kerja.Oleh karena itu,pengembangan
keterampilan pribadi,keterampilan berpikir,
5.Menyeluruh dan berkesinambungan,substansi kurikulum mencakup
keseluruhan dimensi kompotensi,bidang kanan keilmuan dan mata pelajaran yang
direncanakan dan disajikan secara berkesinambungan antara semua jenjang
pendidikan.
6.Belajar sepanjang hayat,kurikulum diarahkan pada proses
pengembangan,pembudayaan,dan pemberdayaan peserta didik yang berlangsung
sepanjang hayat.Kurikulum mencerminkan keterkaitan antara unsur-unsur
kepentingan formal,non formal,dan informal dengan memperhatikan kondisi dan
tuntunan keinginan yang selalu berkembang serta arah pengembangan manusia yang
seutuhnya.
7.Seimbangan antara kepentingan nasional dan kepentingan
daerah,kurikulum dikembangkandengan memperhatikan kepentingan nasional dan
kepentingan daerah untuk membangun
kehidupan masyarakat,berbangsa,dan bernegara.Kepentingan nasional dan
5
kepentingan daerah harus saling mengisi dan memberdayakan sejalan
denngan mtto binehka tunggalika dalam kerangka negara ksatun rpublik
indonesia(NKRI).
2.6.Strategi pengembangan KTSP
Terdpat beberapa
strategi dalam pengembangan dan pelaksanaan KTSP,terutama berkaitan dengan
sosialisasi KTSP disekolah,menciptakan suasana yang kondusif,mengembangkan
fasilitas dan sunber belajar,membina disiplin,mengembangkan kemandirian kepala
sekolah,mengubah paradigma(pola pikir)guru,serta memberdayakan staf.
6
BAB III
PENUTUP
PENUTUP
3.1.Kesimpulan
KTSP adalah
kurikulum persional yang disusun dan dilaksanakan oleh masing-masing satuan
pendidikan.Penyusunan KTSP dilakukan oleh saruan pendidikan dengan
memperhatikan dan berdasarkan stendar kompotensi serta kompotensi dasar yang
dikembangkan oleh badan standar nasional pendidikan (BNSP).Ktsp memiliki
karateristik yang sesuai dengan perkembangan pendidikan yang bertujuan untuk
mendirikan dan memberdayakan satuan pendidikan melalui pemberian kewenangan
(OTONOMI) kepada lembaga pendidikan.KTSP memberikan kepada sekolah untuk
berpartisipatif aktif dalam pengembangan
kurikulum.KTSP memiliki landasan yang kuat dan memiliki prisip-prinsip dan
strategi pengembangannya.
3.2.Saran
Sebelum menulis
karya tulis ilmiah,seorang penulis harus mengetahui atuaran pengutipan,dan cara
merajuk dari sumber-sumber yang digunakan.Dengan demikian,karya tulis ilmiah
akan terlahir dengan baik.Penulis menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari
kesempurnaan.Oleh karena itu,penulis sangat mengharapkan masukan dari berbagai
pihat,terkhusus oleh dosen pembimbig mata kuliah pengembangan kurikulum,
7
DAFTAR PUSTAKA
Junaedi,Khaeruddin,Mahfud,kurikulum tingkat satuan
pendidikan(konsep dan implentasinya di madrasah),Yogyakarta:Pilar
Media,2007
Mulyasa,E.Kurikulum tingkat satuan pendidikan (sebuah panduan
praktis),Bandung:PT.Remaja Rosdakarya,2007
Tidak ada komentar:
Posting Komentar